Gencarkan Vaksinasi, Puskesmas Bulangan Haji Jemput Bola Ke Pondok Pesantren

INDONESIAONLINE – Sebagai upaya mempercepat capaian vaksinasi di wilayah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Puskesmas Bulangan Haji gencarkan vaksinasi dengan cara jemput bola hingga ke Pondok Pesantren (Ponpes), Rabu (02/02/2021).

Kali ini, kegiatan vaksinasi dilaksanakan di Ponpes Ummul Quro, dan dihadiri langsung oleh Camat Pegantenan Abdul Munif, Kepala Puskesmas Bulangan Haji, Herlin Herawati, Kepala Desa Plakpak, Bhabinkamtibmas, serta Bhabinsa wilayah setempat.

Kapala Puskesmas Bulangan Haji, Herlin Herawati mengatakan, vaksinasi jemput bola ini dilaksanakan untuk mempercepat program vaksinasi pemerintah sehingga tercipta Herd Immunity di lingkungan pondok pesantren.

Selain di Ponpes Ummul Quro, diwaktu yang bersamaan, pihaknya juga melaksanakan vaksinasi yang dilaksanakan di Balai Desa Plakpak dengan sasaran siswa SD, SMP, ibu hamil, ibu menyusui hingga lansia.

“Pelaksanaan gebyar vaksinasi di Desa Plakpak dengan sasaran ada 400 orang, yang dikerjakan di Ponpes Ummul Quro putri ini ada sebanyak 173 orang yang sudah divaksin, sisanya di balai desa dan gerai-gerai vaksin,” katanya kepada Jatimtimes.com

Menurutnya, tahapan vaksinasi tersebut diawali dari tahapan screening, pendaftaran, vaksinasi hingga observasi untuk mengetahui kondisi kesehatan calon penerima vaksin.

Selain itu, juga dilakukan pengecekan kesiapan tenaga kesehatan, sarana dan prasarana pendukung vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Pihaknya berharap, dengan adanya Gerai Vaksinasi jemput bola tersebut, seluruh elemen masyarakat di wilayah Pegantenan bisa mendapatkan pelayanan vaksin untuk membentuk herd immunity dalam menghadapi penyebaran Covid-19.

“Harapan kita hari ini bisa mencapai 70% dari target yang sudah ditentukan,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Pegantenan Abdul Munif menyampaikan agar masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi untuk segera mendatangi gerai-gerai vaksinasi yang sudah disediakan oleh pemerintah setempat.

“Tidak usah takut, vaksin itu halal dan aman, selain itu, vaksin juga untuk menjaga kekebalan tubuh kita dari serangan virus Covid-19,” tutupnya.

Tak lupa, pihaknya berpesan, meski sudah divaksin, masyarakat harus tetap menjaga protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah, salah satunya dengan tetap memakai masker.



khairul rozi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *