Film Horor Indonesia 2022, Berani Nonton?
Ilutrasi hantu dalam film (Ist)

INDONESIAONLINE – Genre film horor terus menyeruak dalam dunia perfilm-an. Tak terkecuali di Indonesia yang hingga saat ini masih kental dengan berbagai kepercayaan terkait hal-hal mistis di masyarakat. Ini pula yang jadi sumber ide bagi para sineas film untuk mengangkatnya ke layar lebar.

Sebut saja film KKN di Desa Penari, Teluh, Kuntilanak, dan seabreg makhluk halus lainnya yang masih dipercaya keberadaannya hingga kini. Nah, para makhluk gaib ini pula yang masih sering dinanti masyarakat Indonesia, khususnya para pecinta film horor untuk tampil dan menggedor adrenalin di layar-layar lebar.

IndonesiaOnline menyajikan beberapa film horor terbaik Indonesia sebaga referensi bagi Anda saat rindu sosok-sosok gaib tersebut. Walaupun film-film ini sudah tayang sejak Januari hingga Agustus 2022.

Ivanna


Film Ivanna disutradarai Kimo Stamboel yang terkenal dengan karya-karya aksi brutalnya di layar lebar. Ivanna yang merupakan bagian universe Film Danur dan merupakan adaptasi novel karya Risa Saraswati dijamin akan semakin menakutkan di tangan Kimo Stamboel.

Film menceritakan hantu Belanda bernama Ivanna yang berusaha membalas dendam dikarenakan telah mengalami penyiksaan tentara Jepang. Hantu yang digambarkan sosok tanpa kepala ini pun melakukan teror di panti jompo dan tentunya mengincar nyawa-nyawa manusia yang ada di sana. Ambar (Caitlin Halderman) serta keluarganya yang mendapatkan teror hantu Ivanna saat merayakan Lebaran di Bandung.

Film Ivanna yang tayang 14 Juli 2022 telah meraup 2.758.558 penonton. Anda berani menontonnya?

Pamali

film horor berikutnya berjudul Pamali yang dibintangi oleh sederet artis Indonesia, di antaranya Marthino Lio, Putri Ayudya, Taskya Namya, Rukman Rosadi, Unique Priscilla, Fajar Nugraha, dan Iyang Darmawan dengan sutradara Bobby Prasetyo dari naskah Evelyn Afnilia.

Pamali diadaptasi dari game pc horor Indonesia karya StoryTale Studios dengan nama Pamali: Indonesian Folklore Horror yang dirilis 2018.

Mengisahkan seorang pria bernama Jaka Sunarya (Marthino Lio) yang mengalami ujian hidup karena di PHK dari tempatnya bekerja. Jaka terpaksa menjual rumah orang tuanya bersama sang istri Rika (Putri Ayudya) yang sedang mengandung. Jaka harus membersihkan rumah milik orang tuanya itu lebih dulu yang sudah 20 tahun tak ditempati untuk dijual.

Namun, dalam prosesnya bersih-bersih rumah mereka tak sengaja melanggar pantangan dan adat yang telah jadi tradisi. Sesuatu yang dianggap tabu dan larangan itu mereka langgar sehingga mengundang makhluk halus yang mengancam keselamatan mereka.

Teluh

Teluh merupakan film bergenre horor-thriller yang diproduksi oleh 786 Production, Mercusuar Film dan Black Horse Entertainment. Mengambil latar tahun 90-an di sebuah wilayah di tanah Jawa, fim Teluh berkisah dari kematian Yulia, karyawati dari perusahaan batik milik keluarga Indra.

Enam bulan berlalu, keluarga Indra mendapat kiriman bola api yang jatuh tepat di atap rumahnya. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, jatuhnya bola api merupakan malapetaka bagi penghuni tempat tersebut.

Sejak itu keluarga Indra mengalami serangkaian hal aneh dan mistis. Tak tinggal diam, keluarga ini lantas berupaya untuk melawan pengaruh teluh tersebut.

Pengabdi Setan 2: Communion

Joko Anwar kembali hadir dalam Pengabdi Setan 2: Communion setelah sukses di Pengabdi Setan 2017 lalu.

Dibintangi oleh Tara Basro, Bront Palarae, Nasar Anuz, dan Egy Fedly, kisah menceritakan keluarga Suwono yang terdiri dari Rini, Bapak, Tony, dan Bondi yang berusaha menjalani kehidupan mereka setelah 5 tahun selamat dari kejadian horor pasca ibu meninggal dunia. Mereka tinggal di sebuah rumah susun tak terawat di Jakarta untuk mulai membangun kehidupan baru.

Saat itu pula fenomena penembak misterius terus merajalela di jalanan ibukota. Berita soal Petrus menjadi heboh di media. Plus adanya kabar badai besar yang akan melanda Jakarta. Kabar itu pun terjadi. Badai melanda rumah susun yang ditempati. Banyak penghuni rusun yang mati dan tak bisa disemayamkan. Rusun semakin sepi dan menyeramkan. Saat itulah, malam panjang penuh teror horor terjadi, termasuk kedatangan kembali Ibu dan kelompok misterius yang menghantui Rini dan keluarganya.

Menjelang Magrib

Film Menjelang Magrib tayang 31 Maret 2022 lalu. Bercerita mengenai Nina pasien sakit jiwa yang jadi subjek mahasiswa psikologi untuk skripsi dan membuat dokumenter karena penyakit yang dianggap aneh.

Nina mengalami tiga fase perubahan mental. Pagi dan siang terlihat normal dan fase kedua menuju malam Nina mulai bereaksi histeris. Fase ketiga, fase tubuh Nina yang bukan diri Nina lagi. Nina sudah dikuasai roh leluhur Nina yang hidup ratusan tahun lalu.

Iblis Dalam Kandungan

Film horor satu ini menceritakan Amelia (Nafa Urbach) yang tengah hamil. Rumah yang ia tempati ternyata dihuni oleh arwah wanita yang kehilangan bayi dalam kandungannya. Kini, arwah itu mencoba merasuki tubuh Amelia untuk mengambil bayi dalam kandungannya.

Namun arwah perempuan itu ternyata bukan bukan satu-satunya bahaya yang harus mereka hadapi. Ada kekuatan jahat lainnya yang juga mengancam keselamatan keluarga mereka.

Film Iblis dalam Kandungan disutradarai Adhe Dharmastriya yang dikenal menggarap Teluk Alaska (2021), Nikah Yuk (2020), dan Remember When (2014). Serta diramaikan oleh Inggrid Widjanarko, Ananda George, Anggia Chan, dan Ghea Micheo.

Itulah film-film horor yang siap menggedor adrenalin Anda semua. Berani menontonnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Sinopsis Ikatan Cinta RCTI 1 Juli 2022, Andin Sedih karena Merasa Reyna Menjahuinya hingga Jatuh Pingsan

AYOJAKARTA.COM – Sinetron Ikatan cinta masih menjadi tontonan favorit bagi pemirsa di…