Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23 2024, Buka Peluang ke Olimpiade Paris

INDONESIAONLINE – Timnas Indonesia U-23 menorehkan sejarah. Untuk kali pertama, Timnas U-23 menembus semifinal Piala Asia 2024.

Skuad Garuda Muda meraih tiket semifinal setelah menyingkirkan favorit juara Korea Selatan lewat adu penalti yang berakhir 11-10 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha Qatar, Jumat (26/4) dini hari.

Kemenangan atas Korea Selatan tidak hanya mengantarkan Garuda Muda ke semifinal. Hasil itu juga membuka peluang Timnas U-23 ke Olimpiade Paris 2024. Indonesia bisa mengunci tiket langsung olimpiade jika mampu masuk tiga besar Piala Asia U-23 2024. Kalaupun tetap di posisi empat besar, Indonesia akan menjalani play off melawan Guinea U-23 (Afrika) untuk menembus olimpiade.

Menghadapi Korea Selatan, Garuda  unggul lebih dulu lewat Rafael Struick menit ke-15. Korsel bisa menyamakan kedudukan akibat gol bunuh diri Komang Teguh menit ke-45+1. Namun, sebelum jeda, Indonesia bisa kembali memimpin usai Struick bikin brace menit ke-45+5.

Pada babak kedua, tepatnya menit 69, Korsel harus bermain dengan 10 pemain usai Lee Young-jun mendapat kartu merah.

Unggul jumlah pemain, Indonesia justru kebobolan lewat gol Jeong San-bin menit ke-85.

Skor imbang 2-2 di waktu normal berlanjut ke perpanjangan waktu. Tak ada gol di extra time. Duel pun ditentukan lewat adu penalti.

Dalam adu penalti, skor imbang ketika seluruh penendang sudah menjalankan tugasnya. Penalti harus kembali ke penendang pertama.

Saat diulang, penendang ke-12 Korsel Kim Min-woo gagal. Pratama Arhan kemudian memastikan Indonesia menang setelah tembakannya tak mampu diantisipasi kiper Korsel.

Atas hasil itu, Indonesia menunggu pemenang Uzbekistan versus Arab Saudi di semifinal. Laga Uxbekistan v Arab Saudi berlangsung malam nanti. (red/hel)