INDONESIAONLINE – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang atau UIN Maliki Malang menjadi salah satu kampus favorit yang diincar  calon mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Dari 18 program studi (prodi) yang diumumkan UIN Maliki Malang dalam SNBP 2024, tujuh di antaranya menjadi yang paling favorit dipilih  calon mahasiswa baru.

Berdasarkan penelusuran pada laman resmi SNPMB untuk pendaftaran SNBP UIN Maliki Malang di https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/snbp/daftar-ptn-snbp, terdapat tujuh jurusan yang paling banyak diminati.

Jurusan paling banyak diminati di UIN Maliki Malang serta daya tampung saat pendaftaran SNBP 2024 adalah sebagai berikut :

1. Farmasi (S1) 

Jurusan ini menggaet minat calon mahasiswa sebanyak 660 orang. Sementara itu daya tampung untuk jurusan ini hanya 78 bangku.

2. Psikologi (S1)

Selanjutnya ada jurusan ini yang juga menjadi primadona bagi kalangan calon mahasiswa. Jurusan ini diminati 636 calon mahasiswa. Daya tampung jurusan ini sebanyak 91 kursi.

Baca Juga  Medali Perak Wintex 2023 Diraih Mahasiswa FKIK UIN Maliki Malang

3. Pendidikan Dokter (S1)

Jurusan di bidang kesehatan ini diminati 625 calon mahasiswa. Dengan daya tampung yakni 25 kursi saja.

4. Manajemen (S1)

Jurusan ini mampu menggaet 555 calon mahasiswa baru melalui jalur SNBP 2024. Jurusan ini memiliki daya tampung sebanyak 80 kursi.

5. Teknik Informatika (S1)

Jurusan ini juga mampu menggaet calon mahasiswa baru sejumlah 341. Sementara daya tampungnya adalah 78 kursi.

6. Akuntansi (S1)

Jurusan ini diminati oleh 279 calon mahasiswa baru dengan daya tampung 88 kursi.

7. Bahasa dan Sastra Inggirs (S1)

Jurusan yang satu ini juga memiliki banyak minat. Sebanyak 205 calon mahasiswa mendaftar di jurusan ini. Daya tampungnya sebanyak 88 kursi.

Demikian 7 prodi terfavorit SNBP di UIN Maliki Malang. Selain itu, dari sejumlah 18 prodi atau jurusan tersebut, ada 4 prodi baru yang dapat dilamar melalui SNBP 2024. Yakni Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin dan Teknik Elektro.

Baca Juga  Training of Public Speakin Digelar UIN Maliki Malang

Berikut ini daya tampung keempat prodi baru UIN Maliki Malang yang dapat dilamar melalui SNBP 2024:

– Teknik Sipil : Daya tampung 15

– Teknik Lingkungan : Daya tampung 15

– Teknik Mesin : Daya tampung 15

– Teknik Elektro : Daya tampung 15

Sebagai informasi tambahan, pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 telah berlangsung dan bakal ditutup 28 Februari 2024 pukul 15.00 WIB. Bahkan jumlah siswa yang telah memilih prodi per-Senin, 19 Februari 2024 mencapai lebih dari 200 ribu orang.

Panitia SNPMB pun mengimbau agar semua peserta segera melakukan pendaftaran sebelum tenggat waktu yang ditentukan. Proses pendaftaran dinyatakan selesai jika siswa telah melakukan finalisasi atau cetak kartu peserta. Setelah melakukan finalisasi, maka siswa sudah tidak dapat melakukan perubahan data dengan alasan apa pun. (bin/hel)