INDONESIAONLINE – Dewasa ini, smartphone menjadi media komunikasi yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan smartphone memiliki berbagai macam fitur yang bisa digunakan untuk mendukung segala aktivitas masyarakat. 

Misalnya, masyarakat bisa berkomunikasi melalui voice call maupun video call. Mereka juga bisa menonton berbagai macam hiburan, belajar, dan bekerja dengan smartphone. 

Oleh karena itu, smartphone banyak dipilih oleh masyarakat. Akan tetapi, sebelum memilih smartphone yang cocok, masyarakat perlu mengetahui berbagai istilah spesifikasi smartphone

Hal ini dilakukan agar smartphone yang dipilih memiliki performa yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Salah satu istilah yang termasuk spesifikasi dari smartphone adalah sistem operasi (Operating System) atau OS. Sistem operasi merupakan sebuah software yang bertugas untuk menjalankan aplikasi di smartphone. 

Baca Juga  Indonesia Negara Terlama Gunakan HP

Selain itu, OS juga berfungsi untuk mengatur berbagai macam aplikasi tersebut. Istilah lain yang termasuk dalam spesifikasi dari smartphone adalah CPU Core. 

Secara umum, CPU Core adalah komponen elektronik yang digunakan untuk memproses dan menjalankan sebuah perangkat smartphone. 

Beberapa jenis CPU Core yang sering digunakan adalah Two Cores, Three Cores, Four Cores, Six Cores, Eight Cores, Ten cores, dll. 

Sementara itu, contoh istilah lain dari spesifikasi sebuah smartphone adalah ROM atau Read Only Memory. ROM merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data yang hanya bisa dibaca dan tidak bisa diubah atau memiliki limitasi untuk diubah. 

Sedangkan RAM atau Random Access Memory adalah sebuah tempat untuk menyimpan data yang bisa dibaca maupun diubah. 

Baca Juga  Pendiri Aplikasi Trading Crypto Indodax Menyambut Baik Respon Menparekraf Potensi Metaverse

ROM dan RAM merupakan bagian dari sebuah Memori yang ada pada smartphone. Kapasitas ROM dan RAM dari beberapa smartphone bervariasi tergantung performa yang ingin dicapai.  

Sebuah smartphone tentu dilengkapi dengan teknologi layar sentuh yang digunakan sebagai bagian Display atau tampilan. 

Ada berbagai macam jenis teknologi layar sentuh yang digunakan pada smartphone seperti Retina, LCD, Amoled, dll. 

Sebuah smartphone juga dilengkapi dengan berbagai macam teknologi konektivitas. Secara umum, konektivitas mengacu pada teknologi untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat yang lain. Beberapa contoh konektivitas dari Smartphone adalah Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dll. 



Redaksi