JATIMTIMES – KNPI Kota Batu menggerakkan seluruh elemen pemuda se-Kota Batu lakukan penghijauan di kawasan Glagah Wangi, Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji (26/12/2021). Sebanyak 2 ribu bibit ditanam dalam gerakan Green Revolution, Gerakan Sosial Lingkungan (GSL).

Penanaman pohon diawali dengan apel pemberangkatan di lapangan Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji. Kemudian dibuka dan diberangkatkan secara langsung oleh Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi, menuju titik penanaman pohon.

Ketua DPD KNPI Kota Batu Yuniar Arifiandi mengatakan, penghijauan digelar dalam rangka menjaga serta merawat kawasan hutan yang ada di Kota Batu. Mengingat pada 4 November silam, terdapat bencana banjir bandang. “Menjadikan banyak pelajaran yang dapat kita ambil. Salah satunya adalah kelengahan menjaga kawasan hutan dari hulu sampai hilir,” ungkap Yuniar.

Baca Juga  DLH Lumajang Bersurat ke Bina Marga Propinsi Terkait Kayu Peneduh Jalan

“Termasuk kegiatan kami Green Revolution ini, adalah sebagai salah satu bentuk respons keberpihakan kami untuk merawat lingkungan hutan dari hulu, yang nantinya akan kita kawal hingga hilir,” tambah Yuniar.

Menurutnya bencana lalu tidak boleh dianggap remeh dan dilupakan begitu saja. Sehingga perlu ada penanganan serta tindak lanjut yang serius. “Baik melalui gerakan sosial, maupun evaluasi sistem kebijakan pemerintah yang pro terhadap lingkungan,” ujar Yuniar. 

Dengan adanya kegiatan tersebut, mengajak seluruh elemen pemerintah, masyarakat dan khususnya pemuda, agar menaruh keberpihakan terhadap kelestarian kawasan hutan dan sekitarnya. “Mari bersama-bersama kita rawat hutan, menjaga Kota Batu dari segala ancaman bencana,” harap Yuniar warga Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu.

Baca Juga  Pembangunan Taman di Eks Pasar Merjosari Hampir Rampung, Ditarget Tuntas Akhir Bulan Ini

Dalam kegiatan tersebut juga diikuti oleh Nurochman Wakil Ketua I DPRD Kota Batu, Heli Suyanto Wakil Ketua II DPRD Kota Batu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aris Setiawan, Kajari Kota Batu, Polres Batu, Perhutani, Camat Bumiaji, Kades Sumbergondo, dan Perhutani.

Ada juga elemen Organisasi Kepemudaan, GP Ansor dan Banser Kota Batu, FKPPI, Tagana, IPNU IPPNU, IPM, Garda Bangsa, Komunitas Papalas, Jaguar, ksrang taruna, Pelsjar SMA/SMK/MA, dan beberapa OKP lainnya.



Irsya Richa