INDONESIAONLINE – Praktik pesugihan hingga kini masih marak terjadi di beberapa daerah. Praktik pesugihan merupakan cara instan untuk mendapat kekayaan. Selain itu, praktik pesugihan bisanya juga digunakan untuk penglaris makanan. Salah 1 makanan favorit masyarakat Indonesia adalah bakso. 

Makanan berbentuk bola-bola daging itu begitu digemari oleh semua kalangan. Sebab, bakso dinilai memiliki rasa lezat nan menggoyang lidah. Namun tahukah kalian, jika kelezatan rasa bakso itu bisa saja diperoleh karena menggunakan ludah tuyul

Ludah tuyul sendiri adalah salah 1 penglaris yang katanya ‘banyak’ digunakan untuk menunjang sebuah bisnis kuliner, termasuk warung bakso. Dikutip melalui Maybandung, seorang pemilik warung bakso bernama Erni (nama samaran) memberikan informasi mengenai penglaris tersebut. Erni mengakui, jika selama ini dirinya sering melibatkan jin penglaris berupa tuyul untuk bisnis kulinernya. 

Baca Juga  Tradisi Puasa Unik dan Aneh di Dunia

“Saya memang pakai penglaris, biar usaha makin lancar,” terang Erni.

Menurutnya, ada 4 ciri-ciri umum yang mudah ditemui dari warung bakso yang menggunakan penglaris ludah tuyul yakni sebagai berikut: 

1. Pemilik warung pakai baju yang sama setiap hari

Ciri pertama dari warung bakso yang menggunakan penglaris ludah tuyul yakni bisa dilihat dari baju yang dikenakan. Sebab, pemilik warung bakso itu biasanya akan menggunakan baju yang sama setiap hari.

Termasuk Erni, ia diminta oleh dukun untuk memakai baju yang itu-itu saja saat akan melayani pembeli. “Saya diberikan syarat khusus untuk pakai baju yang sama setiap hari,” ujar Erni.

2. Ramai dibeli pengunjung jauh

Ciri yang kedua yaitu bisa diperhatikan dari asal pengunjung yang datang. Sebab, biasanya warga sekitar warung bakso tidak akan mau membeli bakso di sana. Karena mengetahui rahasia dapur dari warung bakso itu. Begitupun dengan Erni, kebanyakan pengunjung yang datang membeli bakso di warungnya yakni berasal dari luar kota.

Baca Juga  Edan, Masjid Ini Legalkan LGBT dan Pernikahan Sejenis

3. Terdapat ruangan khusus

Ciri berikutnya yaitu ada ruangan khusus yang tidak boleh dimasuki oleh siapapun. Menurut Erni, ruangan khusus itu biasa digunakan untuk meletakkan sesajen. Sehingga tidak ada yang boleh masuk ke ruangan itu selain pemilik warung bakso.

4. Rasa makanan berubah ketika dibawa pulang

Ciri yang terakhir yaitu bisa dibedakan dari rasa. Biasanya, rasa warung bakso yang menggunakan penglaris ludah tuyul akan berbeda saat dibawa pulang. “Rasa makanan juga bakal berbeda kalo dibawa pulang,” ucap Erni.



Desi Kris