Jembatan Brawijaya Ikon Kota Kediri Terbakar

Jembatan Brawijaya sebagai ikon Kota Kediri dikabarkan mengalami kebakaran hebat, Senin (10/6/2024) (tiktok)

INDONESIAONLINE – Jembatan Brawijaya, landmark Kota Kediri, Jawa Timur (Jatim) dilalap api pada Senin (10/6/2024) pagi. Video dan foto kebakaran jembatan ini tersebar luas di media sosial, salah satunya diunggah oleh akun Instagram @kawankediri.

Dalam unggahan tersebut, terlihat api besar membakar bagian kiri penyangga jembatan. Puing-puing bangunan jembatan yang terbakar pun jatuh ke sungai. Perekam video menduga kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik.

“Konslet paling, njerone kan ono listrike, lah ngunu kan iso konslet,” ungkap perekam video.

Akun @kawankediri juga memberikan keterangan pada videonya bahwa kebakaran Jembatan Brawijaya terjadi pada Senin (10/6) pagi.

Video lain di TikTok @kediripride menunjukkan kepulan asap tebal berwarna hitam pada penyangga jembatan kiri. Meski begitu, terlihat masih banyak pengendara yang melintas di area tersebut.

Hingga berita ini ditulis, belum ada konfirmasi resmi terkait kebenaran informasi yang beredar di media sosial.

Tentang Jembatan Brawijaya

Jembatan Brawijaya dibangun untuk mengatasi kemacetan di Jembatan Lama Kediri yang telah berusia 150 tahun. Jembatan ini menghubungkan dua kecamatan di Kota Kediri, yakni Kecamatan Kota dan Kecamatan Mojoroto.

Jembatan Brawijaya diresmikan oleh Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar pada 18 Maret 2019, bertepatan dengan 150 tahun sejak dibukanya Jembatan Lama Kediri. Jembatan ini menjadi salah satu ikon Kota Kediri dan di bawahnya dibangun taman kota bernama Taman Brantas (bn/dnv).