Kalender Balap Formula E, 2024 Jakarta Absen

Balap Formula E 2024 di mana Jakarta absen dikarenakan berbarengan dengan pemilu (Ist)

INDONESIAONLINE – Kalender balap formula E 2024 resmi dirilis. Beberapa pembaharuan di kalender balap formula E juga disampaikan secara resmi melalui situs FIA Formula E. Salah satunya, Jakarta absen di balap formula E 2024. Absennya Jakarta dikarenakan berbarengan dengan masa kampanye Pilpres 2024.

“Acara yang direncanakan di Jakarta pada hari Sabtu, 8 Juni 2024 tidak akan dilaksanakan setelah diumumkannya masa kampanye dalam pemilihan presiden Indonesia hampir sepanjang bulan Juni,” tulis keterangan Formula E.

Menurut pihak Formula E, masa pemilihan presiden tersebut akan mempengaruhi logistik pada ajang balapan musim ke -10 tersebut. Oleh karenanya, Formula E dan Jakarta tengah mencari tanggal alternatif.

“Hal ini akan berdampak pada logistik pengiriman balapan di jalanan ibu kota secara bersamaan. Formula E dan pihak berwenang di Jakarta sedang menjajaki kelayakan balapan di kota itu pada tanggal alternatif,” sambung keterangan Formula.

Sementara itu, dalam rilis resmi FIA Formula E musim ke 10 bakal berlangsung mulai 13 Januari 2024 di Mexico City.

Sejauh ini ada 16 seri yang bakal digelar di 11 kota sebelum musim puncak di London, 20-21 Juli.

Shanghai dan Hyderabad juga dipastikan akan kembali menggelar balap Formula E setelah mendapat persetujuan pada pertemuan Dewan Olahraga Motor Dunia FIA pada 19 Oktober.

Di Shanghai, ini merupakan kali pertama Formula E digelar. Sebelumnya mobil-mobil Formula E sempat adu cepat di China namun digelar di Beijing pada 2014 dan Sanya pada tahun 2019.

Untuk pertama kalinya juga balapan Formula E bakal digelar di Jepang. Ini sejarah bagi Formula E saat Tokyo mengkonfirmasi jadi tuan rumah pada balapan yang digelar Sabtu 30 Maret 2024.

“Formula E akan menjadi pemimpin di kejuaraan motorsport global musim depan sebagai satu-satunya yang digelar di tiga pasar terbesar yaitu China, India, dan Amerika Serikat. Bersama itu kami juga akan debut di jalanan Tokyo dan balapan di pasar global utama lainnya seperti Brazil, Jerman, Arab Saudi, dan Inggris. Kami telah menyusun kalender yang memiliki potensi melibatkan miliaran orang dalam masa depan motorsport listrik yang menarik dan menghibur,” terang CEO Formula E Jeff Dodds.

Kalender Balap Formula E 2024

Berikut ini kalender balap Formula E 2024.

1. Mexico City: 13 Januari

2. Diriyah, Arab Saudi: 26-27 Januari

3. Hyderabad, India: 10 Februari

4. Sao Paulo, Brazil: 16 Maret

5. Tokyo, Jepang: 30 Maret

6. TBD, Italia: 13-14 April

7. Berlin, Jerman: 11-12 Mei

8. Shanghai, China: 25-26 Mei

9. Portland, Amerika Serikat: 29 Juni

10. London, Inggris Raya: 20-21 Juli

Sementara itu, akun resmi Instagram @jakartaeprixofficial pada Juli 2023 lalu menyebut jika Formula E musim ke 10 akan kembali digelar di Jakarta. Namun belum diketahui tanggal kepastiannya.

“Buat Jakarta E-Prix Fans sejati pasti udah tau jadwal balapan Formula E Season 10, dong @ Ronde 14 Formula E akan diadakan kembali di Jakarta tahun 2024! Coba share harapan dan antusiasme kalian di kolom komentar ya!,” tulis akun jakartaeprixofficial (bn/dnv).

formula eJakartakalender balapan formula e 2024