Doraemon Hadir di BIAN, 129 Balita di Desa Podorejo Dapat Imunisasi

INDONESIAONLINE – Bersama menuju sehat, merupakan jargon dari Puskesmas Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung dalam kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIN). Bertempat di kantor desa Podorejo, Kecamatan Sumbergempol, sebanyak 129 balita menerima vaksin (imunisasi) di pos pelayanan BIAN.

“Sebanyak 129 Anak usia 5 – 59 bulan sudah mendapatkan imunisasi di Pos Pelayanan BIAN di Balai desa Podorejo,” kata kepala Puskesmas Bendilwungu, Sigit Jaka Purnama, Selasa (09/8/2022).

Lanjutnya, program BIAN adalah pemberian imunisasi tambahan campak-Rubela serta melengkapi dosis Imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib ( Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, serta Pneumonia/radang paru dan Meningitis / radang selaput otak yang disebabkan infeksi kuman Hib) yang terlewat. 

“Program ini diwujudkan sebagai upaya menutup kesenjangan imunitas anak dengan melakukan harmonisasi kegiatan imunisasi tambahan (campak-rubela) dan imunisasi kejar (OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib),” ujarnya.

Sasaran imunisasi di Desa Podorejo ini ada 212 balita, namun yang hadir ada 129 anak. Dalam kegiatan BIAN ini juga ada yang spesial buat anak yaitu hadirnya boneka Doraemon yang menghibur agar saat veksinasi tidak merasa takut.

Suksesnya pelaksanaan BIAN di Desa Podorejo ini juga merupakan kerjasama antara Puskesmas dengan Pemdes setempat.

“Sosialisasi ke orang tua yang memiliki bayi atau balita terus kita lakukan agar memiliki kesadaran pentingnya imunisasi,” ucapnya.

Jika balita yang tidak dapat hadir dan belum mendapatkan imunisasi karena masih mengalami kondisi belum siap yakni sakit dan pindah tempat, maka dapat di susulkan kemudian hari.

Dalam kegiatan ini, bagi yang belum hadir masih punya kesempatan untuk mendapatkan imunisasi susulan pada Selasa Minggu berikutnya di Puskesmas Bendilwungu.

“Yang belum ikut program BIAN, nanti akan mengikuti saat sweeping imunisasi di hari Selasa Minggu depan di Puskesmas Bendilwungu,” pungkasnya.

 

You May Also Like

11.779 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Malang Tunggu Vaksinasi Dosis Booster Kedua

INDONESIAONLINE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) masih terus…

Warga Kota Kediri 50 ke Atas Mulai Dapat Jatah Vaksin Booster

JATIMTIMES – Pemandangan tak biasa, tampak di lobby RSUD Kilisuci Kota Kediri,…