Pemdes Tugu Rejotangan Sukseskan BIAN: 88 Persen Balita Terima Imunisasi

INDONESIAONLINE – Kali ini, Pemerintah Desa Tugu, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung menggelar kegiatan dalam rangka menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022. Jumlah total sasaran imunisasi di Desa Tugu dalam program BIAN ini ada 184 balita untuk usia 9-59 bulan. Namun, dari total balita ini ada 162 yang mendapatkan vaksin imunisasi. 

“Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Desa Tugu ini dihadiri oleh 164 balita,” kata Kepala Desa Tugu Didik Purno Nugroho, Selasa (9/8/2022).

Beberapa balita yang tidak dapat hadir dan belum mendapatkan imunisasi karena masih mengalami kondisi belum siap yakni sakit dan pindah tempat. Bagi yang belum hadir masih punya kesempatan untuk mendapatkan imunisasi susulan pada akhir Agustus 2022 nanti.

“Yang belum ikut program BIAN nanti akan mengikuti saat sweeping imunisasi di akhir bulan ini,” ujarnya.

Kekompakan kegiatan BIAN ini, selain atas dukungan Puskesmas Banjarejo dan Kader Posyandu, Pemdes Tugu juga secara aktif memberikan sosialisasi agar orang tua dengan sukarela membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan atau pos pelayanan imunisasi untuk mendapatkan imunisasi rutin.

“Tercapai 88 persen hari ini. Ini perlu saya sampaikan bahwa pemberian imunisasi ini penting untuk melindungi anak-anak dari penyakit. Sehingga anak lebih sehat dan lebih produktif. Selain itu, orang tua juga perlu mendapatkan sosialisasi yang benar agar program BIAN dapat memenuhi sasaran seperti yang diharapkan” ungkapnya.

Dalam kegiatan BIAN di Desa Tugu, Rejotangan ini dihadiri vaksinator dari kader posyandu sebanyak 6 orang, petugas Puskesmas Banjarejo 7 orang. Selain itu, juga hadir Babinsa dan Babinkamtibmas, TP PKK kecamatan dan semua perangkat Desa Tugu.

“Mulai awal kegiatan hingga akhir berjalan lancar dan kondusif,” imbuhnya.

Didik Purno Nugroho mengapresiasi kesadaran masyarakat dan menyampaikan rasa terimakasihnya pada semua pihak yang telah menyukseskan jalannya kegiatan ini.

You May Also Like

11.779 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Malang Tunggu Vaksinasi Dosis Booster Kedua

INDONESIAONLINE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) masih terus…

Warga Kota Kediri 50 ke Atas Mulai Dapat Jatah Vaksin Booster

JATIMTIMES – Pemandangan tak biasa, tampak di lobby RSUD Kilisuci Kota Kediri,…