Vaksinasi Covid 19 di Lamongan Terus Dikawal TNI

Anggota Babinsa Kodim 0812 Lamongan mengawal vaksinasi di Kecamatan Turi (foto: Humas Kodim 0812 Lamongan for JatimTIMES)

JATIMTIMES – Meski pandemi Covid-19 sudah melandai, pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Lamongan terus digencarkan. Buktinya sampai saat ini masih terus berlangsung penyuntikan vaksin kepada masyarakat di Kecamatan Turi, Sabtu (4/12/2021).

Tidak hanya itu jajaran TNI yang bertugas di Kodim 0812 Lamongan juga terus siaga mengamankan pelaksanaan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan.

Komitmen memutus rantai penularan Covid-19 diwujudkan dengan pengawalan secara langsung oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) dengan pendampingan kepada warga yang mengikuti vaksinasi Covid-19 Dosis I dan II.

Dandim 0812 Lamongan, Letkol Inf. Sidik Wiyono mengatakan, sebelum pelaksanaan vaksin, seluruh peserta terlebih dahulu melaksanakan beberapa tahapan atau screaning yang harus dilewati. Baru setelah dinyatakan sehat dan memenuhi syarat bisa dilaksanakan vaksinasi Covid-19.

“Sebelum divaksin warga harus cek tensi dan suhu badan oleh petugas kesehatan, input data, screening kemudian baru penyuntikan vaksin. Setelah divaksin peserta harus menunggu kurang lebih 30 menit untuk mengetahui apakah ada reaksi dari vaksin tersebut,” kata Sidik kepada Jatimtimes.com.

Alumnus Akademi Militer 2001 itu mengungkapkan, kehadiran Babinsa dalam pendampingan vaksinasi ini bertujuan agar kegiatan berjalan aman dan tidak ada kendala ataupun hambatan yang terjadi. 

“Kami juga berpesan kepada warga penerima vaksin, meskipun sudah divaksin diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah. Masyarakat tidak usah takut divaksin, karena dengan vaksinasi bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat sehingga penyakit tidak mudah masuk termasuk Covid-19. Semoga pandemi ini segera berakhir,” pungkasnya.



M. Nur Ali Zulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

11.779 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Malang Tunggu Vaksinasi Dosis Booster Kedua

INDONESIAONLINE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) masih terus…

Warga Kota Kediri 50 ke Atas Mulai Dapat Jatah Vaksin Booster

JATIMTIMES – Pemandangan tak biasa, tampak di lobby RSUD Kilisuci Kota Kediri,…