Kopi Gajah hingga Monyet, Ini Deretan Kopi Unik dan Termahal

Minuman kopi

INDONESIAONLINE – Kopi-kopi ini dikenal karena rasanya yang unik dan harganya yang nahal. Itu karena pengolahannya yang sangat unik: berasal dari kotoran hingga kunyahan hewan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima jenis kopi enak dengan proses pengolahan unik dari kotoran hingga kunyahan hewan.

1. Kopi Gajah

Kopi gajah atau yang sering disebut Black Ivory  terbuat dari fermentasi kotoran gajah. Kopi ini berasal dari Thailand dan diproduksi oleh sebuah perusahaan bernama Black Ivory Coffee Company.

Prosesnya, gajah di Thailand diberi makanan berupa biji kopi jenis Thai Arabica yang hanya tumbuh pada ketinggian 5.000 kaki di atas permukaan laut. Gajah-gajah tersebut harus diberi makan 32 kilogram biji kopi hanya untuk memproduksi 1 kilogram biji kopi yang dapat dikonsumsi.

Kopi ini memiliki harga yang tinggi, sama seperti kopi luwak yang terkenal di Indonesia. Setidaknya Anda harus mengeluarkan kocek sebesar $100 atau jika dirupiahkan senilai Rp 1,5 juta untuk menikmatinya. Kopi gajah ini pun memiliki cita rasa yang khas. Semakin banyak protein yang dikonsumsi oleh gajah, maka rasa kopinya semakin pahit.

2. Kopi Monyet

Ada kopi yang berasal dari kunyahan monyet. Kopi ini berasal dari hutan liar bernama Ghat yang berlokasi di wilayah barat dan selatan India.

Monyet yang berada di hutan liar tersebut tertarik pada buah kopi yang matang. Lalu kopi tersebut dikunyah dan hanya dalam beberapa menit, kopi dilkeluarkan dari mulut monyet.

Kopi ini diberi nama Monkey Parchment Coffee. Sebelum bisa dinikmati  kopi dicuci, bilas, lalu dikeringkan dan dipanggang.

Namun kopi jenis ini tidak dijual bebas. Pembeli harus melakukan pemesanan terlebih dahulu jika ingin mencicipinya.

Jika penasaran dengan cita rasa dari kopi yang berasal dari kunyahan monyet ini, harus pesan langsung dari website-nya di Kingsmen Coffee. Kisaran harganya bisa mencapai Rp 25,6 juta per 500 gram.

3. Kopi Kelelawar

Kopi satu ini berasal dari kunyahan atau gigitan kelelawar. Diproduksi di Madagaskar, Afrika Timur, dan memiliki harga yang tinggi.

Kopi kunyahan kelelawar ini memiliki sebutan lain  Bourbon Pointu. Berupa mutasi dari varietas kopi Arabica yang diproses melalui kunyahan kelelawar, lalu dipanggang sehingga menghasilkan kopi yang dapat diminum.

Kopi kunyahan kelelawar ini memiliki cita rasa serta aroma yang khas. Kabarnya, cita rasa kopi ini akan bertahan di dalam mulut dalam kurun waktu yang cukup lama.

Untuk bisa menikmati kopi kunyahan kelelawar atau Borboun Pointu ini, setidaknya harus mengeluarkan kocek $110 atau sebesar Rp 1,6 juta per 500 gram kopi. Harga yang tinggi tersebut pun menyesuaikan dari kualitas kopi yang dihasilkan.

4. Kopi Jacu

Kopi yang berasal dari Brazil ini dikenal dengan nama kopi jacu. Kopi yang diolah dari kotoran burung hitam besar bernama jacu. Jenis kopi ini masih terbilang baru dibandingkan kopi lainnya.

Kopi jacu pertama  dikembangkan pada awal tahun 2000-an oleh pemilik kebun kopi bernama Henrique Slopper. Awalnya kopi ini diciptakan secara tidak sengaja. Saat itu Slopper melihat adanya burung jacu yang singgah di kebunnya meski sudah diusir dari sana.

Tak disangka, burung langka ini mengonsumsi biji kopi yang kemudian kotorannya diolah oleh Slopper. Dirinya mengaku terinspirasi dari kopi luwak Indonesia. Hasilnya kini kopi burung jacu dihargai sampai Rp 25,6 juta per kilogram.

5. Kopi Luwak

Kopi luwak terkenal sebagai salah satu kopi termahal di dunia asal Indonesia. Harga biji kopi yang sudah dipanggang bisa lebih dari Rp 3 juta per kg.

Biji kopi ini diambil dari kotoran luwak, hewan sejenis musang, yang memakan buah kopi. Kopi luwak disebut-sebut unggul karena hewan ini memilih buah kopi berkualitas baik.

Selain itu,  luwak hanya memakan daging buah kopi sehingga biji kopinya terfermentasi di saluran pencernaan. Enzim memecah protein biji kopi, sehingga kadar pahitnya berkurang, rasanya berubah, dan sifat diuretiknya berkurang.

Selain itu, rasanya  diyakini lebih enak karena proses seleksi dan fermentasi oleh luwak. Kopi luwak juga mahal karena langka namun permintaan tinggi. (ref/hel)

Kopikopi gajahkopi jacukopi kelelawarkopi luwakkopi monyetkopi termahalkopi unikminuman kopi