Rajungan Pedas di Jombang Ini Bisa Jadi Santapan Lezat saat Musim Hujan

JATIMTIMES – Bagi pencinta santapan seafood di Jombang, menu yang satu rasanya wajib untuk dicoba. Ya, rajungan pedas ala Warung Gubuk Iwak Segoro ini patut dicoba. Rasa gurih Rajungan dan pedas bumbu kare yang diracik khusus ini, rasanya cocok dinikmati saat musim hujan.

Rajungan pedas tersebut merupakan menu andalan dari warung gubuk Iwak Segoro milik Joko Fattah Rochim di jalan Kapten Pierre Tendean, Desa Pulo Lor Jombang. Fattah mengambik langsung rajungan fresh dari nelayan Bangkalan untuk diolah menjadi masakan di kota santri.

Rajungan yang dipilih khusus itu ia masak dengan bumbu kare khusus sehingga berasa pedas gurih. Bumbu kare pedas itu ia racik hanya saat ada orderan masuk. Sehinga saat disajikan terasa gurih pedas. Sedangkan, rajungan yang dimasak masih dalam kondisi hidup sehingga saat dimasak masih sangat fresh.

“Rajungan pedas ini kita tidak masak secara langsung di panci tapi kita masak saat ada pesanan. Karena proses kita dari awal agar fresh terus. Rajungan kita ambil langsung dari nelayan, yang gemuk-gemuk, yang sesuai untuk konsumsi,” ujarnya saat diwawancarai wartawan di warungnya, Rabu (09/02/2022).

Untuk menjaga kesegaran rajungan, ia hanya membeli 20 kg utuk dua hari. “Rajungannya itu masih fresh. Karena kita ambil 20 kilo, tidak sampai dua hari itu habis,” tandasnya.

Fattah menyebutkan, rajungan pedas miliknya ini banyak diburu oleh pengunjung dari Jombang dan luar daerah yang singgah di Jombang. Seperti dari Surabaya, Mojokerto, Kediri hingga Jakarta.

Untuk menikmati rajungan pedas, para penikmat seafood tidak usah khawatir kebobolan isi kantong. Harga satu porsi rajungan pedas bisa dinikmati hanya seharga Rp 70 ribu dengan isi 3 rajungan berukuran besar dan sedang.

“Karena covid-19 yang berkepanjangan, kita tidak muluk-muluk mengambil keuntungan. Kita harga bersaudara, hanya Rp 70 ribu sudah dapat satu porsi 3 berukuran besar dan sedang,” kata Fattah.

Menu rajungan pedas pedas milik Fattah ini bisa menjadi menu pilihan saat makan siang kantor. Hal itu disampaikan oleh salah satu pelanggan rajungan pedas Gubuk Iwak Segoro, Lely Kurniasari. “Kalau kita jam istirahat kita perlu asupan makanan, kita cocok ke sini untuk jam makan siang. Bisa jadi pilihan makan siang jam kantor,” ujarnya.

Menurutnya, olahan rajungan milik Fattah ini berbeda dengan lainnya. Rajungan yang disajikan diolah khusus sehingga menciptakan rasa pedas dan gurih, sehingga cocok saat musim penghujan saat ini. “Rasanya gurih, pedasnya juga cukupan. Rajungannya karena segar, jadi gurih gitu,” pungkasnya.(*)



Adi Rosul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Sensasi Olahan Cabai Terpedas di Dunia, Kedai di Kota Malang ini Sajikan Carolina Reaper

JATIMTIMES – Menyandang predikat sebagai salah satu cabai terpedas di dunia, nama…