INDONESIAONLINE – Lapas Kelas I Lowokwaru Malang kembali menggagalkan upaya penyelundupan narkoba. Lagi-lagi, narkoba jenis sabu-sabu tersebut dimasukkan ke dalam sebuah kotak makanan.

Kepala Lapas Kelas I Lowokwaru Malang, Heri Azhari melalui Kabid Keamanan dan Ketertiban (Kamtib), Supriyanto mengatakan bahwa pihaknya kembali menggagalkan upaya penyelundupan narkoba. Hal itu ditemukan ketika anggotanya melakukan proses pemeriksaan barang titipan untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di dalam lapas.

“Kejadiannya terjadi pada hari ini sekitar pukul 10.00 WIB. Untuk prosedur penitipan barang yang dikirimkan ke WBP, wajib melalui pemeriksaan oleh petugas,” ujar Supriyanto, Rabu (15/2/2023).

Saat itu, terduga pelaku menitipkan sebuah kotak makanan berwarna hijau. Karena terbiasa melakukan pemeriksaan, anggota tak pandang bulu melakukan pemeriksaan kepada semua barang. Saat diperiksa secara teliti, ternyata ditemukan dua klip plastik berisi sabu di dalam kotak makanan tersebut.

Baca Juga  Cegah Campak, Warga Kabupaten Malang Bisa Imunisasi Anaknya Gratis di Puskesmas

“Jadi, kotak makanan itu sebenarnya ada dua. Dan klip plastik berisi sabu itu, direkatkan pada bagian bawah kotak makanan yang ditumpuk dengan kotak makanan serupa,” jelas Supriyanto.

Tanpa pikir panjang, pembawa kotak makanan yang berinisial AF (25) asal Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang segera diamankan petugas Lapas Kelas I Lowokwaru Malang. Dan setelah ditimbang, diketahui bahwa sabu di dua klip plastik itu memiliki berat total 16,6 gram.

“Kemudian, kami berkoordinasi dengan pihak Satresnarkoba Polresta Malang Kota. Pelaku berikut barang bukti juga telah kami serahkan ke pihak kepolisian. Dan saat ini, kasusnya telah ditangani oleh pihak kepolisian,” terang Supriyanto.

Dengan kejadian itu, Lapas Kelas I Lowokwaru Malang total menggagalkan upaya penyelundupan narkoba sebanyak tiga kali. Peristiwa pertama terjadi pada Kamis (26/1/2023) siang. Lalu untuk peristiwa kedua, terjadi pada Rabu (8/2/2023) siang.

Baca Juga  Firli Tersangka, KPK: Kami Tidak Malu

“Untuk mengantisipasi agar hal itu tidak terulang kembali, maka kita berupaya semaksimal mungkin. Termasuk salah satunya, berkoordinasi dengan jajaran Satresnarkoba Polresta Malang Kota untuk penanggulangan narkoba,” jelas Supriyanto.