Lestarikan Lingkungan, GPK Jombang Sebar 1.000 Bibit Pohon Buah ke 4 Kecamatan

INDONESIAONLINE – Sebanyak 1.000 bibit pohon buah disebar Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK) Kabupaten Jombang ke empat kecamatan. Bibit pohon buah ini, selain untuk pelestarian lingkungan, juga untuk membekali generasi berikutnya agar bisa menikmati buah dari kebun sendiri.

Gerakan Cinta Alam yang dicanangkan  GPK Jombang dimulai dari empat kecamatan. Yaitu Kecamatan Jombang, Gudo, Jogoroto, dan Diwek. Empat wilayah tersebut menjadi sasaran penanaman 1.000 bibit pohon buah.

“Ahamdulillah hari ini kita memulai mencanangkan Gerakan Cinta Alam. Ada 1000 bibit yang akan kami tanam. Hari ini telah kami laksanakan di empat kecamatan. Dalam waktu dekat, seluruh kecamatan di Jombang insya Allah selesai. Mohon doanya,” kata Ketua GPK Jombang Mujtahidur Ridho (Gus Edo) kepada wartawan, Jumat (15/07/2022).

Dikatakan Gus Edo, penanaman pohon ini merupakan bentuk keikutsertaan GPK terhadap pelestarian lingkungan di Kota Santri. Bibit pohon yang dipilih berupa pohon buah seperti matoa, alpukat, jambu biji dan jambu air.

Dipilihnya bibit pohon buah ini bukan tanpa alasan. Tujuannya untuk membekali generasi berikutnya agar bisa menikmati buah dari kebun sendiri. Pasalnya, bibit pohon buah itu ditanam di lahan yang sudah disediakan oleh masyarakat secara pribadi. “Jadi, nantinya hasil buah tersebut bisa dinikmati hingga generasi kita selanjutnya,” ujarnya.

Gus Edo  berharap, Gerakan Cinta Alam ini juga bisa diteruskan oleh anak-anak muda lainnya. “Semoga kegiatan ini akan menjadi inspirasi seluruh masyarakat Kabupaten Jombang untuk lebih peduli dan menjaga alam karena menjaga bumi dan merawat adalah kewajiban manusia,” pungkas Gus Edo.