Pj Wali Kota Malang Bakal Perbanyak Taman Bermain di Kampung Padat Penduduk

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat. (foto: riski/io)

INDONESIAONLINE – Taman bermain di perkampungan padat penduduk di Kota Malang bakal bertambah. Hal itu seiring komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Malang yang berencana membangun taman bermain di daerah pemukiman padat penduduk.

Rencana memperbanyak  taman bermain  itu juga menjadi tindak lanjut atas keluhan masyarakat yang ingin ada taman bermain bagi anak-anak. Terutama taman bermain yang bisa ditempatkan di pemukiman padat penduduk yang dinilai rawan kecelakaan karena lokasinya yang berdekatan dengan sempadan sungai.

Memang rencana itu tidak dapat serta merta dilakukan. Sebab, menurut Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat, merealisasikan hal itu harus diikuti kesadaran oleh masyarakat terhadap lingkungan. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di area sempadan sungai.

“Oke lah taman bermain di lingkungan padat penduduk memang kurang. Tapi keberadaan taman ataupun keberadaan rumah di sempadan sungai, itu pun ada batasan yang tidak diperbolehkan ada bangunan,” ujar Wahyu.

Dalam hal ini, Wahyu menyampaikan adanya keterbatasan dalam pembangunan taman di kampung-kampung padat penduduk di Kota Malang. Menurut dia, meskipun memungkinkan untuk membangun taman, pencarian lokasi yang sesuai serta perlunya pembebasan lahan menjadi salah satu tantangan dalam merealisasikan taman bermain ini.

“Intinya kalau sudah sempadan sungai, tidak ada yang memperbolehkan ada kegiatan di sepanjang area itu. Di sisi lain, mencari lahan itu juga tidak mudah. Kemudian harus membebaskan lahan. Apalagi di lingkungan padat penduduk tidak mudah mendapatkan lokasi seperti itu” terang Wahyu.

Meski  demikian, di sisi lain, dirinya berkomitmen untuk mewujukan visi Kota Layak Anak yang bisa diwujudkan dengan berbagai macam strategi.

Untuk itu, terkait rencana itu, Wahyu akan segera melakukan koordinasi lintas operasi perangkat daerah (OPD) seperti dengan Dinsos dan Disdikbud untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Kecelakaan anak ketika bermain di area sungai, itu kan memang tidak bisa dihindari. Kami upayakan untuk keberadaan taman bermain sambil kami juga akan gencar mengedukasi masyarakat terkait larangan pendirian bangunan di sempadan sungai. Itu yang penting,” pungkas Wahyu. (rw/hel)

kampung padat pendudukKota malangPemkot MalangPj Wali Kota MalangTaman bermainWahyu Hidayat