Peristiwa

Liburan Waisak, KAI Daop 9 Jember Layani 8.800 Pelanggan, Tiket KA Probowangi Favorit

9

INDONESIAONLINE – Animo masyarakat mengisi liburan panjang Hari Raya Waisak 2024 dengan memanfaatkan kereta api terbilang tinggi. Tercatat, di wilayah PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasi 9 Jember, mulai dari Pasuruan hingga Ketapang Banyuwangi, sebanyak 8.800 pelanggan menggunakan moda transportasi Kereta Api (KA) hingga pukul 10.00 WIB pada Kamis (23/5/2024).

Banyaknya penumpang kereta api di Daop 9 Jember tersebut, masih dimungkinkan terus bertambah.

“Jumlah tersebut masih akan bertambah karena masih ada kereta api yang akan berangkat pada jadwal berikutnya,” ucap Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro, Kamis (23/5/2024).

Untuk mengantisipasi tingginya animo masyarakat, KAI Daop 9 Jember menambahkan beberapa gerbong pada beberapa kereta api. Seperti KA Ranggajati 1 gerbong eksekutif untuk perjalanan Jember – Cirebon, KA Wijayakusuma 1 gerbong eksekutif untuk perjalanan Ketapang Banyuwangi – Cilacap, dan KA Logawa 1 gerbong bisnis untuk perjalanan Jember – Purwokerto.

Dari berbagai kereta api, KA Probowangi dari Ketapang Banyuwangi dengan tujuan akhir Surabaya menjadi KA dengan volume penumpang tertinggi pada hari pertama libur panjang Waisak. Tercatat 1.021 pelanggan menggunakan KA tersebut, melampaui kapasitas yang tersedia sebanyak 636 tempat duduk (161%).

“Harga tiket KA Probowangi yang cukup terjangkau menjadikannya favorit masyarakat tapal kuda untuk bepergian dalam wilayah Daop 9 Jember,” jelas Cahyo.

Cahyo juga menyampaikan, hingga hari Minggu (26/5/2024) mendatang, masih tersedia 2.267 tempat duduk untuk perjalanan di wilayah Daop 9 Jember. Tiket KA Blambangan Ekspres dari Stasiun Ketapang Banyuwangi masih tersedia 198 tempat duduk untuk keberangkatan Kamis (23/5/2024).

“Bagi para pelanggan yang tidak kebagian tiket untuk keberangkatan hari Kamis (23/5/2024) dapat menggunakan KA yang lain, memilih kereta pada tanggal keberangkatan yang lain atau memanfaatkan fitur connecting train yang tersedia pada aplikasi Access by KAI,” pungkas Cahyo (nj/dnv)

Exit mobile version