Makanan Ini Banyak Nutrisi dan Menyehatkan, tapi Jangan Konsumsi Malam Hari

INDONESIAONLINE – Mengonsumsi makanan kaya nutrisi tentu memberikan manfaat kesehatan. Namun, khusus  beberapa makanan kaya nutrisi ini, perlu diperhatikan waktu mengonsumsinya.Sebab, jika dikonsumsi saat malam hari, bisa mengganggu tidur hingga menyebabkan perut kembung.

Apa saja makanan bernutrisi yang sebaiknya tidak dikonsumsi malam hari?

Daging Ayam

Daging ayam salah satu sumber protein hewani yang baik. Dalam 100 gram daging ayam, ada 27 gram protein. Jumlah tersebut mencukupi kebutuhan tubuh harian.

Namun, karena tingginya kandungan protein tersebut, dagimg ayam bisa berbahaya jika dikonsumsi malam hari. Sebab, proses mencernanya membutuhkan waktu lama.

Proses mencerna makanan yang terlalu lama bisa mengganggu tidur. Jika kamu lapar saat malam hari, disarankan mengonsumsi dalam jumlah sedikit.

Buah

Buah merupakan makanan sehat karena mengandung banyak nutrisi.

Namun, makanan ini bisa jadi berbahaya jika dikonsumsi malam hari. Pasalnya, makan buah saat malam hari bisa menyebabkan dahak karena sifatnya yang mendinginkan.

Buah juga dikemas dengan karbohidrat dan gula. Kandungan tersebut dapat meningkatkan gula darah dan mengganggu tidur. Selain itu, makan buah di malam hari juga dapat menyebabkan gas dan sembelit.

Buah-buahan Kering

Buah-buahan kering juga disarankan tidak dikonsumsi pada malam hari.

Buah kering mengandung karbohidrat dan gula. Itu bisa meningkatkan gula darah yang pada akhirnya mengganggu tidur. Selain itu, nutrisi penting pada buah kering bisa berubah jika dikonsumsi malam hari.

Enzim lambung tidak akan mampu memecah nutrisi tersebut sehingga membuat tubuh merasa tidak nyaman.

Makanan Berlemak

Makanan mengandung lemak. Ada lemak jahat dan lemak baik. Lemak baik seperti asam omega-3 sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jangan dikonsumsi saat malam hari.

Makanan berlemak tersebut bisa membuat sistem pencernaan terus bekerja bahkan hingga larut malam untuk memecah dan mencerna makanan.

Proses tersebut akan mengganggu tidur. Karena itu, para ahli gizi menyarankan untuk menghindari mengonsumsi makanan berlemak di malam hari.

Brokoli

Sayuran cruciferous seperti brokoli dan kembang kol memang kaya nutrisi. Termasuk kandungan karbohidrat kompleks dan serat.

Kandungan itu menyehatkan, tetapi membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, sehingga akan mengganggu tidur jika dikonsumsi malam hari.

Tak hanya itu. Mengonsumsi brokoli, kembang kol, dan kol akan menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan karena sayuran tersebut mengandung gas. (red/hel)

makanan kaya nutrisiMakanan menyehatkanmalam haritips sehat