Mantan Bupati Ratna Daftar Lagi Jadi Calon Bupati ke PDI Perjuangan

INDONESIAONLINE – Seminggu membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakilnya, tiga tokoh telah mengembalikan formulir pendaftaran ke kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi, Senin (29/4/2024). Ketiga nama tokoh tersebut adalah Bupati Banyuwangi 2005-2010 Ratna Ani Lestari(RAL), Wakil Bupati Banyuwangi 2019-2024, H. Sugirah dan Kader PDI-P Chandra Astan.

Menurut Ketua Panitia Penjaringan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyuwangi, HM. Eko Sukartono, sejak dibuka pendaftaran pada 22 April 2024  lalu sudah ada 6 kandidat yang mengambil formulir. “Namun yang sudah mengembalikan baru tiga orang, Pak Chandra, Pak Sugirah dan Bu Ratna,” ujar H. Eko.

Selanjutnya dia menuturkan pendaftaran Bacabup – Bacawabup Banyuwangi akan berakhir pada 31 Mei 2024 mendatang. Berkas formulir kandidat selanjutnya akan diserahkan ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) melalui DPD Provinsi PDI Perjuangan Jawa Timur (Jatim). “Kami hanya menerima pendaftaran selanjutnya berkas akan dibawa ke DPP dan seleksinya maupun penentuannya disana,” tambah H. Eko.

Tokoh asal Glagah itu menambahkan hasil seleksi akan diumumkan setelah DPC PDI Perjuangan Banyuwangi menerima daftar nama-nama kandididat yang telah mendapat restu dari pengurus pusat. “Entah itu dari internal PDI, ataupun dari eksternal, kita tunggu saja,” ujarnya.

PDI Perjuangan sampai  saat ini masih membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin bertarung dalam kontestasi Pilkada seretak pada 27 November 2024. (nur/yak)