JATIMTIMES – Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo dan anggota Komisi IV DPR RI, Charles Meikyansah mengunjungi Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Selasa (7/12/2021). 

Mentan mengunjungi pengungsi yang berada di posko dan menyaksikan langsung upaya penanganan pasca kejadian bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru yang dilakukan oleh pemerintah, pelaku usaha serta masyarakat.

“Banyak saudara-saudara kita yang harus dievakuasi, harus kita selamatkan nyawanya sebagaimana arahan Bapak Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Menurut Syahril, bukan hanya manusia yang harus diselamatkan, tapi tanaman dan hewan ternak, yang  juga harus diperlakukan sama jika masih mungkin untuk dilakukan usaha penyelamatan.

“Kita tadi sudah sepakat untuk membuat kandang pengungsian terpusat dan ada juga spot-spot di beberapa tempat, yang nantinya masih dalam kendali kita,” katanya.

Baca Juga  Gerhana Matahari Hibrida Akan Terjadi 20 April, Apa Saja Dampaknya?

Seluruh pengendalian yang berkaitan dengan tiga agenda Kementerian Pertanian akan dipusatkan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP). 

“Agenda pertama, yaitu agenda darurat seperti yang dilakukan hari ini. Agenda berikutnya berupa agenda temporary, menyelamatkan apa yang bisa diselamatkan, kemudian melakukan recovery, apa yang bisa ditanam. Agenda ketiga, yaitu agenda permanen, perbaikan irigasi dan yang lainnya,” kata Mentan Syahrul Yasin Limpo 

Pada kunjungan tersebut, secara simbolis Mentan memberikan bantuan, benih jagung, benih padi, bibit kopi Arabika untuk 847 hektare. Bantuan ternak berupa sapi dan kambing sejumlah 174 ekor, serta rumput, pakan ternak, konsentrat dan obat-obatan.

Selain itu, masyarakat terdampak mendapatkan bantuan berupa traktor roda empat, traktor roda dua dan hand sprayer.

Baca Juga  Pemeliharaan Jalan Krebet-Gondanglegi, Surat Permohonan Izin Sudah sejak 5 April 2022



Moch. R. Abdul Fatah