Museum Pusat TNI AL Jalesveva Jayamahe Dibuka untuk Umum


INDONESIAONLINE – Museum Pusat Angkatan Laut Indonesia “Jalesveva Jayamahe” akhirnya dibuka untuk umum. Museum ini mulai dibangun pada tahun 2022, pada masa kepemimpinan Panglima TNI Laksamana TNI (Purn) Yudho Margono. Peresmian museum ini dilakukan pada Minggu (21/1/2024).Museum yang terletak di Jalan Raya Hang Tuah No 1, Ujung Perak, Surabaya ini memiliki luas tanah 3,2 hektar. Di sini terdapat 3 fasilitas ruang pameran yang terdiri dari Gedung Peninggalan dan Hangar, Gedung Teater, dan Gedung Replika KRI RE Martadinata.

Selain itu, terdapat juga sejumlah fasilitas pendukung museum seperti masjid, kantin, dan ruang pameran koleksi yang menampilkan salah satu koleksi utama museum, yaitu Pesawat Gannet yang terlibat dalam Operasi Trikora dan Dwikora. pada tahun 1960an.

Ratusan koleksi penting dan bersejarah lainnya juga tersedia di sini. Mulai dari koleksi pribadi tokoh TNI Angkatan Laut, koleksi senjata dari masa sebelum kemerdekaan hingga saat ini, hingga koleksi alutsista.

Kepala Dinas Sejarah Kelautan (Kadisjarahal) Laksamana Pertama TNI Dr. Hariyo Poernomo pada acara pembukaan museum ini mengatakan, pihaknya berharap seluruh masyarakat dapat menyaksikan kejayaan TNI Angkatan Laut dan negara maritim melalui Museum Pusat Angkatan Laut Indonesia “Jalesveva Jayamahe”.

“Kami berharap masyarakat Indonesia bahkan dunia mau menyaksikan kejayaan TNI Angkatan Laut dan kelautan bangsa. Pada tahun 2021-2023 kami telah mengumpulkan koleksi museum dengan dukungan satuan TNI Angkatan Laut. 2023 kami juga akan melakukan penelitian sejarah di Belanda dan Inggris untuk mengkonfirmasi data yang ada,” kata Hariyo Poernomo kepada wartawan, Minggu (21/1/2024).

Selain itu, museum ini juga memiliki konsep kekinian dengan memasukkan teknologi 4.0. Tujuannya agar generasi milenial dan generasi Z semakin tertarik dengan berbagai pemanfaatan teknologi.

Museum Pusat TNI AL Jalesveva Jayamahe resmi dibuka untuk umum Foto: Aprilia Devi/detikJatim

“Konsep museum ini sudah digital 4.0 sehingga siapapun yang ingin mengetahui mekanisme kunjungan, koleksi dan jam berkunjung bisa melalui website. Mari kita jelajahi bersama museum ini agar terus berkembang menjadi pariwisata dan pendidikan sejarah di Surabaya. , Jawa Timur dan Indonesia,” kata Hariyo.

Museum Pusat Angkatan Laut Indonesia “Jalesveva Jayamahe” buka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Ada 2 jenis tiket yang ditawarkan yaitu tiket reguler dan 5D immersive.

Tiket reguler berlaku untuk kunjungan ke area museum yaitu area Pengenalan, area Hangar dan area KRI RE Martadinata. Sedangkan tiket 5D Immersive berlaku untuk wahana khusus di Museum Pusat TNI Angkatan Laut yang memberikan pengalaman dan sensasi pertempuran di Laut Arafuru. Untuk informasi selengkapnya, detikers bisa mengunjungi situs resminya https://museumtnial.id

 

Jalesveva Jayamahemuseum di Surabayamuseum militerMuseum Pusat TNI Al Jalesveva Jayamahemuseum tni alsejarah angkatan bersenjataSurabaya