Banjir Kiriman Kota Batu, Jembatan Sengkaling Putus

INDONESIAONLINEBanjir bandang yang terjadi di wilayah Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu pada Kamis (4/11/2021) ternyata juga berdampak pada beberapa titik di wilayah Kabupaten Malang. Salah satunya adalah di jembatan penyeberangan roda dua di Kecamatan Dau.

Jembatan tersebut tepatnya berada di belakang Taman Rekreasi Sengkaling. Biasanya, jembatan itu digunakan warga sebagai jalan pintas dari Kecamatan Dau menuju Karangploso, atau sebaliknya. 

Informasi yang dihimpun, jembatan tersebut terputus. Kemungkinan karena tersapu material yang terbawa arus banjir yang tiba-tiba meluap. Namun beruntungnya, jembatan tersebut sempat ditutup sebelum akhirnya terputus. 

“Karena diketahui sudah meluap. Jadi warga yang ada di sana dibantu Muspika setempat langsung menutup akses jembatannya. Jadi tidak ada yang lewat,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan, Kamis (4/11/2021) petang. 

Hingga saat ini, petugas BPBD Kabupaten Malang bersama Muspika setempat masih berjaga di daerah tersebut. Selain di titik itu, saat ini petugas kebencanaan Kabupaten Malang juga tengah disiagakan di jembatan yang ada di Giripurno Kota Batu

Hal itu lantaran banjir kiriman tersebut juga menyebabkan air meluap di daerah tersebut. Petugas juga membantu pengendara yang melintas. Terutama roda dua. Sebab akibat luapan air tersebut, badan jembatan kini tertutup lumpur sisa luapan air. 

“Sekarang petugas kami (BPBD Kabupaten Malang) sedang melakukan pembersihan di sana. Itu kan perbatasan Karangploso dengan Kota Batu,” imbuh Sadono. 

Selain itu, dirinya juga mengimbau agar masyarakat juga waspada atas kondisi yang terjadi saat ini. Sebab sejumlah titik di Kabupaten Malang juga ada yang dilalui aliran DAS Brantas yang saat ini sedang mendapat banjir kiriman.

“Kalau ini tadi, laporannya luapan air sudah turun 2 meter yang di Dau,” pungkas Sadono. 

Sementara itu, berdasarkan beberapa video amatir masyarakat yang beredar di media sosial dan pesan jejaring WhatsApp, tampak terlihat jembatan penghubung Kecamatan Dau dan Karangploso ataupun sebaliknya itu putus pada bagian tengahnya. Sisa material banjir pun masih terlihat di beberapa sisa jembatan. Sementara air terlihat masih meluap cukup deras dengan warna air coklat pekat. Kondisi itu pun kemudian menjadi tontonan masyarakat. 

Selain terputusnya jembatan Sengkaling, pada beberapa video yang beredar juga memperlihatkan kondisi jalanan di beberapa titik Kota Batu yang terendam air coklat pekat. Beberapa kendaraan bahkan terlihat terseret banjir. 

(ris/pit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Unduh PNG Logo Futsal Polos Keren untuk Tim Anda

Logo futsal keren (Foto: namatin.com) INDONESIAONLINE – Logo futsal keren dengan berbagai…

Akibat Kebakaran Tungku Masak, Rumah di Tulungagung ini Terbakar

INDONESIAONLINE Penyebab kebakaran yang terjadi di Dusun Ngemplaksari, RT 01 RW 02…