Bikin Manisan Jahe, Ide Kreatif Guru SD di Kediri Bisa Menghasilkan Uang

INDONESIAONLINE – Jahe tidak hanya bisa diolah menjadi bumbu dan rempah, tapi juga bisa diolah menjadi camilan sehat. Salah satunya adalah manisan jahe.

Manisan jahe bisa menjadi pilihan camilan sehat untuk meningkatkan kekebalan tubuh saat melakukan aktivitas kerja, menemani perjalanan jauh atau berada di rumah.

Ide kreatif sekaligus bisa menghasilkan uang ini dilakukan oleh Apen, seorang guru agama SD di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang sangat ingin mencari pekerjaan sampingan dengan menjadi seorang pelaku usaha.

Berada di rumahnya yang terletak di Kecamatan Pare, Apen menjalankan usahanya dengan dibantu oleh istri tercinta. Menurut Apen, manisan jahe miliknya merupakan bentuk inovasi dari usahanya, setelah sebelumnya Apen terlebih dahulu mengeluarkan produk bisnisnya berupa sirup lemon jahe.

Meski terbilang baru, usaha tersebut baru berjalan sekitar 2 bulan. Namun, produk bisnis manisan jahe buatan Apen ini sudah memiliki pangsa pasar yang luar biasa.

Manisan jahe yang diberi nama ‘Jahe Jahe Lemon’ ini sudah dipasarkan ke beberapa daerah antara lain, Surabaya, Jakarta, Kalimantan, Banjarmasin hingga Pontianak.

Manisan jahe Apen memang memiliki rasa yang kompleks dengan adanya perasan jeruk lemon di dalamnya yang menambah kesan segar dan pedas dari rasa khas yang berasal dari jahe. Sementara itu, setiap bungkus permen Jahe Jahe Lemon dijual dengan harga Rp. 15.000.

“Produk kami berupa sirup jahe lemon dan manisan jahe lemon. Bahan baku utama yang banyak ditemui masyarakat, seperti jahe gajah, jahe merah yang kami kombinasikan dengan lemon. Biasanya sebagian orang takut mengkonsumsi lemon karena mereka Punya penyakit lambung, tapi sudah kita cari informasinya ke dokter, dan dipastikan kandungan vitamin C dalam lemon tidak akan memperparah kadar asam lambung seseorang,” kata Apen, kepada wartawan, Minggu (27/2). /22).

Diketahui, pria berusia 36 tahun itu mampu menciptakan produk bisnisnya setelah mengikuti pelatihan kewirausahaan selama dua tahun dan mengikutinya secara online.

Dari pelatihan itu, Apen kini mampu mewujudkan mimpinya mencari pekerjaan sampingan untuk menjadi seorang pelaku usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Unduh PNG Logo Futsal Polos Keren untuk Tim Anda

Logo futsal keren (Foto: namatin.com) INDONESIAONLINE – Logo futsal keren dengan berbagai…

Akibat Kebakaran Tungku Masak, Rumah di Tulungagung ini Terbakar

INDONESIAONLINE Penyebab kebakaran yang terjadi di Dusun Ngemplaksari, RT 01 RW 02…