Cegah Penyebaran Omicron, 315 Narapidana Lapas Banyuwangi Dapatkan Vaksin Booster

INDONESIAONLINE – Lapas Banyuwangi kembali menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19, Senin (28/2/2022). Kali ini, sebanyak 315 Narapidana (WBP) mendapat vaksin atau vaksin booster dosis ketiga.

Kapolsek Banyuwangi Wahyu Indarto mengatakan, vaksinasi yang digelar di Aula Sahardjo ini merupakan buah kerjasama dengan Kodim 0825 Banyuwangi.

“Kami selalu berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Banyuwangi, Kodim 0825 Banyuwangi dan Dinas Kesehatan Banyuwangi untuk percepatan vaksinasi bagi seluruh WBP di Lapas Banyuwangi,” jelas Wahyu.

Sejak pagi ini, sepuluh personel dari Kodim 0825 Banyuwangi dibantu petugas kesehatan Lapas Banyuwangi melakukan tahapan vaksinasi mulai dari screening kesehatan, pendataan peserta, pemberian vaksin hingga evaluasi pascavaksin.

Vaksinasi booster, kata Wahyu, diberikan kepada WBP yang mendapat vaksinasi tahap pertama dan keduanya mendapat dosis vaksin Sinovac.

“Vaksin booster ini merupakan jenis vaksin Astrazeneca, dan diberikan kepada warga binaan yang mendapat vaksin awal Sinovac,” imbuhnya.

Pihaknya juga mengupayakan agar seluruh WBP di Lapas di wilayah kerja Kanwil Kemenkum HAM Jatim segera mendapatkan vaksin dosis lengkap hingga vaksin booster.

“Saat ini warga binaan kami berjumlah sekitar 890 orang, sehingga sudah sangat ramai. Oleh karena itu, kami terus melakukan upaya percepatan kegiatan vaksinasi,” ujarnya.

Pria kelahiran Jawa Tengah itu juga mengungkapkan, jenis vaksin yang diterima WBP di Lapas Banyuwangi berbeda-beda. Hal itu disesuaikan dengan stok vaksin yang dimiliki Kodim 0825 Banyuwangi dan Dinas Kesehatan Banyuwangi.

“Mudah-mudahan seluruh warga binaan kita bisa segera mendapatkan vaksin dosis lengkap, karena dari kurang lebih 880 warga binaan kita ada yang sudah mendapatkan dosis vaksin dua kali lipat dan ada juga yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama,” ujarnya.

Selain itu, Wahyu menjelaskan, saat ini Lapas Banyuwangi sedang memperketat penerapan protokol kesehatan, sehingga diharapkan dapat mencegah penyebaran varian Omicron ke dalam Lapas.

“Kami meningkatkan penerapan protokol kesehatan, dengan rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan di blok perumahan dan area perkantoran. Kami juga telah membagikan vitamin kepada warga binaan dan rutin mengarahkan mereka untuk berjemur,” jelasnya.

“Semoga upaya yang kita lakukan ini dapat mencegah Lapas Banyuwangi dari penyebaran Virus Covid-19,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Unduh PNG Logo Futsal Polos Keren untuk Tim Anda

Logo futsal keren (Foto: namatin.com) INDONESIAONLINE – Logo futsal keren dengan berbagai…

Akibat Kebakaran Tungku Masak, Rumah di Tulungagung ini Terbakar

INDONESIAONLINE Penyebab kebakaran yang terjadi di Dusun Ngemplaksari, RT 01 RW 02…