Pandemi, Pemberian Izin Tinggal WNA di Wilayah Imigrasi Malang Turun

INDONESIAONLINE – Selama pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak 2020 hingga 2022 ini, Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Malang mencatat, pemberian izin tinggal bagi Warga Negara Asing (WNA) di wilayah kerja Malang mengalami penurunan.

Kepala Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Satria Adi Wicaksana mengatakan, pada 2020 tercatat sebanyak 2.652 WNA telah diberikan izin tinggal di Indonesia melalui Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang. 

“Dengan rincian yang melakukan perpanjangan izin tinggal 1.188, izin tinggal terbatas 1378 dan izin tinggal tetap 86,” ungkap Satria kepada JatimTIMES.com, Jumat (7/1/2022). 

Sedangkan untuk 2021, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang telah memberikan izin tinggal kepada 2.054 WNA yang terdiri dari perpanjangan izin tinggal kunjungan sebanyak 707 orang, izin tinggal terbatas sebanyak 1251 orang dan izin tinggal tetap sebanyak 96 orang.

Pihaknya menyebutkan, penyebab terjadinya penurunan pemberian izin tinggal bagi WNA di Indonesia disebabkan oleh pandemi Covid-19. Di awal 2020, siklus pemberian izin tinggal WNA di Indonesia masih dalam kondisi normal. 

Namun, memasuki pertengahan 2020 hingga 2021, Pemerintah Indonesia maupun negara-negara lainnya melakukan pembatasan di masing-masing negaranya. Karena untuk mencegah persebaran Covid-19 yang terus masif menyebar. 

“Disini yang terlihat signifikan memang jumlah izin tinggal kunjungan. Izin tinggal kunjungan itu kan persyaratannya tidak terlalu ribet, itu selisihnya memang sangat tinggi disitu tahun 2020 sekitar 1.188, pada tahun 2021 ada 707,” terang Satria. 

Alumnus Universitas Indonesia (UI) ini menuturkan, di masing-masing Kantor Imigrasi di daerah hanya bertugas untuk memberikan pelayanan bagi WNA yang akan melakukan perpanjangan berkas izin tinggal di Indonesia.

“Untuk yang mengeluarkan visa itu langsung Direktorat Jenderal Imigrasi, kalau Kantor Imigrasi di masing-masing wilayah hanya dapat memberikan pelayanan perpanjangan izin tinggal,” ujar Satria. 

Untuk lama waktu izin tinggal WNA di Indonesia di momentum pandemi Covid-19 ini terjadi beberapa kelonggaran. Salah satunya untuk visa izin tinggal kunjungan, setiap WNA diberikan waktu selama 30 sampai 60 hari di Indonesia.

Setelah itu, WNA dapat melakukan perpanjangan di masing-masing Kantor Imigrasi yang ada di Indonesia. Setiap kali perpanjangan, diberikan waktu 30 hari hingga batas maksimal empat kali pengajuan perpanjangan izin tinggal. 

“Ketika orang itu sudah habis izin tinggalnya, dia bisa melakukan pengajuan visa onshore di Direktorat Jenderal Imigrasi melalui aplikasi visa online, kemudian kembali normal lagi dan bisa perpanjangan di Kantor Imigrasi,” pungkas Satria. 

Sebagai informasi, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang setidaknya memiliki delapan wilayah kerja. Yakni Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo dan Kabupaten Lumajang. 

(ody/pit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Unduh PNG Logo Futsal Polos Keren untuk Tim Anda

Logo futsal keren (Foto: namatin.com) INDONESIAONLINE – Logo futsal keren dengan berbagai…

Akibat Kebakaran Tungku Masak, Rumah di Tulungagung ini Terbakar

INDONESIAONLINE Penyebab kebakaran yang terjadi di Dusun Ngemplaksari, RT 01 RW 02…