Tinggal menunggu pengerjaan, jalur Gondanglegi-Balekambang menjadi jalan nasional

INDONESIAONLINE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terus memperkuat infrastruktur. Hal ini juga termasuk dalam upaya penguatan di semua sektor. Baik ekonomi, pariwisata, UMKM, pendidikan, kesehatan dan beberapa sektor lainnya.

Di bidang pariwisata, Bupati Malang HM. Sanusi mengatakan salah satunya akan dilakukan dengan penguatan infrastruktur jalan di sepanjang Gondanglegi hingga Pantai Balekambang. Sanusi mengatakan, pada 2022 status jalan tersebut akan ditingkatkan menjadi jalan nasional.

Jalur ini merupakan salah satu akses wisata di Kabupaten Malang. Tepatnya, menuju pantai selatan yang berjejer di sepanjang Jalur Lintas Selatan (JLS).

“Permintaan kami (Pemkab Malang) kepada Menteri untuk meningkatkan Jalan Gondanglegi-Balekambang menjadi jalan nasional dikabulkan,” kata Sanusi.

Sanusi menjelaskan, hal ini diproyeksikan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Malang. Apalagi pembangunan JLS tahap 2 baru selesai akhir tahun 2021. Sehingga kini jalur tersebut sudah bisa tersambung ke Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo.

“Dengan meningkatnya status jalan (Gondanglegi-Balekambang) diharapkan kualitas jalan semakin baik dan memudahkan akses pariwisata,” jelasnya.

Selain pariwisata, juga diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. Sebab, ke depan, setelah JLS tahap II selesai pada 2021, pembangunan jalur tersebut juga direncanakan akan dilanjutkan hingga bisa menghubungkan ketiga wilayah tersebut. Yakni Lumajang, Malang dan Blitar.

“Dengan meningkatnya status jalan, jelas akan membuat masyarakat lebih nyaman dalam menggunakan jalan dan lebih bermanfaat. Kemudian dengan JLS ke Blitar-Lumajang bisa terkoneksi,” pungkas Sanusi.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang Romdhoni. Dimana jalur Gondanglegi menuju Balekambang direncanakan masuk dalam agenda jalan yang akan dirombak.

Mengingat jumlahnya yang relatif besar dan mengingat nilai strategisnya, Romdhoni mengatakan bahwa kementerian terkait telah menangkap masalah ini untuk ditangani juga.

“Jaringannya strategis. Sambungan JLS ke Malang yang melewati Gondanglegi. Jumlahnya besar, dan nilai jalan yang strategis. Kementerian menangkap itu, itu akan ditangani oleh kementerian,” pungkas Romdhoni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Unduh PNG Logo Futsal Polos Keren untuk Tim Anda

Logo futsal keren (Foto: namatin.com) INDONESIAONLINE – Logo futsal keren dengan berbagai…

Akibat Kebakaran Tungku Masak, Rumah di Tulungagung ini Terbakar

INDONESIAONLINE Penyebab kebakaran yang terjadi di Dusun Ngemplaksari, RT 01 RW 02…