Ngeri, Pelecehan Seksual Diduga Pelaku Anak BEM UNY

Ilustrasi pelecehan seksual dengan kekerasan diduga terjadi pada mahasiswi baru Universitas Negeri Yogyakarta (Ist)

INDONESIAONLINE – Kembali dunia pendidikan tercoreng mukanya. Dugaan pelecehan seksual menimpa mahasiswi baru Unversitas Negeri Yogyakarta (UNY). Diduga pelakunya adalah anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA UNY.

Hal ini terungkap dari postingan tangkapan layar WA yang kini sedang viral di medsos X (Twitter). Kata kunci anak BEM pun trending dengan 21,2 ribu unggahan.

Dalam keterangannya, korban mengaku telah dilecehkan sejak Okotober lalu. “Aku ga nyangka kuliah di /uny malah direndahin kaya gini… Jadi aku maba dan kenalan sama kating ini dari bulan Februari, waktu itu kenal karena acara fakultas. Kukira dia baik, ternyata dia cab*l, aku udah dilecehin sama dia dari Oktober, sampe sekarang,” tulis pengirim dalam akun tersebut, dikutip Sabtu (11/11/2023).

“Awalnya gaberani speak karena diancam, aku pernah dilukai berkali kali sama dia karena ngelawan. Cuma sekarang aku muak dan luapin semuanya. Pengen bunuh diri rasanya karena hidupku kayak gini, dilecehin di kampus baru… Plis help me… aku gaberani spill nama pelaku, tapi Aku hafal nim nya 21312244076,” lanjut tulisan diduga korban.

Dari penelusuran, Nomor Induk Mahasiswa (NIM) yang ditulis diduga korban diketahui adalah M. Fahrezy. Mahasiswa FMIPA UNY yang juga anggota BEM.

Dalam curhatannya, sosok yang mengaku korban melampirkan screenshoot percakapan yang merendahkan martabatnya sebagai perempuan

Menanggapi unggahan viral tersebut, Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) UNY telah berkoordinasi dengan Dekanat FMIPA dan BEM FMIPA untuk meminta keterangan dari terduga pelaku.

“Proses verifikasi resmi terus berjalan untuk mendapatkan kebenaran informasinya,” ungkap keterangan resmi Satgas PPKS UNY, dikutip Instagram story @bemuny, Sabtu (11/11/2023).

Satgas PPKS UNY mengaku saat ini sedang dilakukan pencarian terhadap penyintas yang mengunggah ceritanya ke media Twitter @UNYmfs.

“Silakan bagi yang memiliki informasi dapat menghubungi Satgas PPKS UNY,” jelasnya.

“Satgas PPKS UNY terus berkoordinasi dengan Dekanat FMIPA, BEM KM UNY, BEM FMIPA, Dinas P3AP2, Polda DIY, dan pihak-pihak terkait lainnya untuk terus mengusut tuntas kasus ini,” lanjut keterangannya.

Satgas PPKS UNY berkomitmen mengawal kasus ini untuk memastikan kebenaran informasi yang viral di media sosial X tersebut. “Dengan demikian, Satgas PPKS UNY mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat kritis dalam bersosial media dan harap bijak dalam mencerna informasi,” katanya.

“Kepada siapapun yang melihat, menjadi saksi, atau bahkan menjadi korban Kekerasan Seksual di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta baik dalam konteks kasus ini ataupun kasus yang lain silakan melapor ke Satpas PPKS melalui kanal berikeut ini. Instagram : @satgasppks_uny dan Hotline WA : 085643174925,” imbaunya.

bem unyberita viralpelecehan seksualuniversitas negeri yogyakarta