Bupati Mak Rini Pimpin Upacara HUT ke-77 Provinsi Jatim di Kabupaten Blitar

INDONESIAONLINE-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Provinsi Jawa Timur, di Alun-alun Kabupaten Blitar di Kanigoro, Rabu (12/10/2022). Bupati Blitar Rini Syarifah bertindak sebagai inspektur upacara. HUT ke-77 Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 mengusung tema Optimis Jatim Bangkit.

Hadir dalam agenda ini Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Blitar, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Blitar, Camat, Kepala Desa, Lurah dan ASN di lingkungan Pemkab Blitar.

Dalam amanatnya sebagai inspektur upacara, Bupati Blitar Rini Syarifah membacakan sambutan sekaligus Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Ditemui awak media usai upacara, Mak Rini mengatakan dalam peringatan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur,  Gubernur Jatim telah memberikan arahan terkait persiapan untuk menghadapi resesi.

“Ibu Gubernur Jatim telah banyak memotivasi ke kita bagaimana ancaman resesi ini kita siap, beliau ada misi dagang. Terkait arahan tersebut, OVOP (One Village One Product) program yang kita laksanakan di Kabupaten Blitar merupakan gerakan ekonomi luar biasa. Kita akan terus bangkit karena Jatim dalam perekonomian paling bagus dari seluruh provinsi di Indonesia,” kata Mak Rini.

Di momentum Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur kali ini, Gubernur Khofifah juga memperkenalkan karakter baru yang nantinya diharapkan menjadi semangat warga Jatim, yaitu inovasi, kolaborasi, dan inisiatif (IKI). Untuk bisa menerapkan karakter IKI, Khofifah mengajak masyarakat Jatim meneladani semangat tokoh nasional dari Jawa Timur.

Ya, Jawa Timur memiliki sejarah yang kaya riwayat hidup para pejuang, yang dapat menjadi inspirasi menguatkan Karakter IKI. Beberapa tokoh itu diantaranya Presiden Pertama RI Ir Soekarno (Bung Karno), KH Hasyim Ayarie, HOS Tjokroaminoto, Bung Tomo dan Pahlawan pemberontakan PETA Shodanco Supriyadi.

“Nah, di Blitar ini ada Bung Karno dan Shodanco Supriyadi, dua tokoh penting yang membawa Indonesia meraih kemerdekaan. Saya mendorong karakter IKI terimplementasikan dengan baik di Kabupaten Blitar. Harapan saya nantinya dari Blitar akan lahir pahlawan-pahlawan baru yang membawa kontribusi positif untuk pembangunan negara Indonesia,” tegas Mak Rini.(Adv/Kmf)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Wali Kota Sutiaji Terima Ijazah Kitab Ratibul Haddad dan Syawariqul Anwar dari KHR Achmad Azaim

INDONESIAONLINE – Wali Kota Malang Sutiaji menerima ijazah Kitab Ratibul Haddad dan…