Desa Ploso Kabupaten Blitar Raih Penghargaan Desa Transparan dari KIP RI

INDONESIAONLINE-Prestasi demi prestasi di tingkat nasional terus diukir Kabupaten Blitar. Terkini, Desa Ploso Kecamatan Selopuro meraih penghargaan Desa Transparan dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik. Penghargaan ini diberikan oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia (KIP RI).

Informasi yang diterima INDONESIAONLINE, penghargaan Desa Transparan diserahkan di acara Apresiasi Desa dalam Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik Desa 2022 yang digelar di Hotel Sahid Jaya Jakarta, Kamis (8/12/2022). Penghargaan untuk Desa Ploso diterima langsung oleh Kepala Desa Ploso Rahmadi. Agenda ini turut dihadiri Bupati Blitar Rini Syarifah dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blitar Rully Wahyu Prasetyowanto.

Saat dikonfirmasi melalui seluler, Kepala Dinas PMD Kabupaten Blitar, Rully Wahyu Prasetyowanto mengatakan penghargaan Desa Transparan diberikan kepada 10 desa terbaik  di Indonesia dimana salah satunya adalah Desa Ploso Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar yang mewakili Jawa Timur. Penghargaan Desa Transaparan ini Desa Ploso berhasil meraih peringkat ketiga dari 10 desa terbaik.

“Alhamdulilah. Desa Ploso yang mewakili Jawa Timur berhasil meraih peringkat ketiga Desa Transparan dalam ajang penghargaan Desa Terbaik pelaksanaan keterbukaan informasi publik 2022. Dari 10 desa yang masuk nominasi ini Desa Ploso berada di urutan ketiga,” kata Rully Wahyu.

Desa Ploso dikenal sebagai desa beprestasi di Kabupaten Blitar. Di tahun 2022 Desa Ploso meraih juara 1 lomba desa tingkat Kabupaten Blitar dan mewakili Kabupaten Blitar di lomba desa tingkat Jawa Timur. Di lomba desa tingkat Jawa Timur tahun 2022, Desa Ploso berhasil meraih juara 3. Prestasi kembali bertambah di tahun 2022 dengan diraihnya penghargaan Desa Transparan dari Komisi Informasi Publik.

“Mudah-mudahan prestasi yang diraih Desa Ploso ini kedepan bisa terus ditingkatkan untuk Desa Ploso. Dan dengan penghargaan Desa Transaparan ini, mudah-mudahan bisa menjadi pembelajaran bagi desa-desa lainya 219 desa lainya di Kabupaten Blitar. Kita sama-sama belajar, memahami aturanya dan mentaati pelaksanaanya sehingga tercipta sebuah keterbukaan yang berdampak pada keterlibatan masyarakat dalam pembangunan desa,” imbuh Rully.

Sementara itu, Kepala Desa Ploso Rahmadi mengaku bangga desa yang dipimpinya berhasil meraih penghargaan Desa Transparan dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik. Diapun menegaskan,  penghargaan ini diraih dengan proses yang cukup panjang. “Kami merasa bangga bisa kembali menorehkan prestasi untuk Kabupaten Blitar. Prestasi ini menjadi motivasi bagi kami untuk membangun desa lebih baik lagi kedepan,” kata Rahmadi.

Lebih lanjut Rahmadi menyampaikan, keterbukaan informasi di Desa Ploso terwujud berkat kerja keras dari Pemdes dibantu bimbingan dan pendampingan dari Dinas PMD dan Dinas Kominfo Kabupaten Blitar. Pihak pihak terkait diantaranya camat bersama forkopimcam juga ikut membantu Desa Ploso mewujudkan keterbukaan informasi publik sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan informasi yang optimal dari pemerintah desa.

“Di Desa Ploso ini, masyarakat itu mau menyampaikan aspirasi atau perlu informasi-informasi ini mudah sekali, tidak ada sekat sama sekali antara pemerintah desa dengan masyarakat. Dan tentunya kedepan, kami dari pemerintah desa akan terus berinovasi di bidang keterbukaan informasi publik ini,” pungkasnya.

Prestasi diraihnya penghargaan Desa Transparan oleh Desa Ploso mendapat apresiasi dari Bupati Blitar Rini Syarifah. Orang nomor satu di Kabupaten Blitar berharap diraihnya prestasi ini menjadi motivasi bagi seluruh pihak utamanya desa dalam mewujudkan Kabupaten Blitar Maju Bersama Sejahtera Bersama.

“Saya memberikan apresiasi kepada Desa Ploso Kecamatan Selopuro yang berhasil lolos 10 nominasi terbaik tentang Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik Desa di KIP RI dan mendapatkan peringkat 3 besar dalam perolehannya. Harapan kedepannya prestasi yang diraih Desa Ploso bisa menjadi motivasi kepada desa – desa di wilayah Kabupaten Blitar untuk memberikan keterbukaan informasi publik guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk menuju Kabupaten Blitar yang Maju Bersama dan Sejahtera Bersama,” pungkas Mak Rini.

 

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Wali Kota Sutiaji Terima Ijazah Kitab Ratibul Haddad dan Syawariqul Anwar dari KHR Achmad Azaim

INDONESIAONLINE – Wali Kota Malang Sutiaji menerima ijazah Kitab Ratibul Haddad dan…