Indikator Impact Ranking, UB Perguruan Tinggi  dengan Skor Teratas Versi Webometrics

JATIMTIMESUniversitas Brawijaya (UB) menjadi perguruan tinggi dengan skor paling atas pada indikator impact ranking versi Webometrics. Impact ranking berkaitan dengan jumlah personal network alamat website luar yang melakukan link ke website UB. 

Ketua Pusat Pemeringkatan, Adharul Mutaqin ST MT mengatakan, indikator impact ranking UB melesat jauh dibandingkan tahun lalu. Pada tahun sebelumnya, impact rangking UB berada di peringkat 500-an. 

“Sekarang naik di peringkat 200 an,” kata Adarul.

Ketua Sistem Informasi dan Teknologi (SIT) Raden Arief Setyawan, ST MT menambahkan, profil UB sebagai universitas paling diminati tercermin dalam banyaknya internal link dari situs luar ke UB. 

“Selain itu kontribusi seluruh unit kerja dalam memperbaiki website serta meningkatnya jumlah kerjasama dengan pihak lain juga telah berkontribusi signifikan dalam kestabilan impact rangking UB beberapa tahun terakhir,” kata pria yang akrab disapa Arief tersebut.

Ketua Sistem Informasi dan Teknologi (SIT) Raden Arief Setyawan, ST MT menambahkan, profil UB sebagai universitas paling diminati tercermin dalam banyaknya internal link dari situs luar ke UB. 

Selain itu, hal ini juga merupakan kontribusi seluruh unit kerja dalam memperbaiki website serta meningkatkan jumlah kerjasama dengan pihak lainnya. 

“Kerjasama dengan pihak lain juga telah berkontribusi signifikan dalam kestabilan impact rangking UB beberapa tahun terakhir,” kata Arief.

Sementara itu, untuk indikator Webometrics lain, yaitu opennes, UB berada di peringkat 900an. Opennes berkaitan dengan jumlah sitasi dari top 210 author.

Sedangkan untuk indikator terakhir yaitu excellent, UB berada di peringkat 2000an. Excellent ini berkaitan dengan jumlah paper yang berada di top 10 per sitasi di masing-masing bidang ilmu yabg ada di simago. 

Secara keseluruhan saat ini UB berada pada peringkat 956 dunia dan berada di peringkat 3 di antara perguruan tinggi di Indonesia. Luaran jumlah paper UB yang termasuk top sitasi masih kalah dari 9 perguruan tinggi yang lain. 

“Tapi kita akan tetap optimis bahwa indikator ini bisa diperbaiki karena UB terus melakukan berbagai upaya untuk peningkatan kuantitas dan kualitas paper,” pungkas Adharul. 



Anggara Sudiongko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Penerima Beasiswa Banyu Urip 2022 Dilatih Kepemimpinan dan Karir

INDONESIAONLINE – ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bermitra dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat…

Wali Murid SDN 1 Bungur Ceritakan Sosok Guru Terbaik di Sekolah: Tak Urus Soal Polemik Rebutan Kelas

INDONESIAONLINE – Seperti suasana sekolah lainnya, di SD Negeri Bungur 1, Kecamatan…