Peduli GLS, FKIP Unisba Blitar Kembangkan Si Cetar

 

INDONESIAONLINE-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar bekerja sama dengan Korwil Kanigoro menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan judul Diseminasi Aplikasi Si Cetar (Aplikasi Literasi Berbasis Kearifan Lokal Blitar).

Informasi yang diterima INDONESIAONLINE, Tim PKM Unisba Blitar di kegiatan ini beranggotakan  Ida Putriani, S.Pd., M.Pd., Sripit Widiastuti, S.Pd., M.Pd., dan Ida Putri Rarasati, S.Si., M.Pd. Kegiatan yang dipusatkan di Aula Tertutup Unisba Blitar diikuti oleh 20 guru dari  seluruh SD Negeri Wilayah Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar.

Ida Putriani selaku  Ketua Tim PKM Unisba Blitar di kegiatan ini menyampaikan, diseminasi media Si Cetar tersebut dilaksanakan untuk menyosialisasikan aplikasi Si Cetar untuk menunjang kegiatan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) yang selama ini masih ditemukan beberapa hambatan.

“Masih ditemukan beberapa kendala pelaksanaan GLS di SD. Diantaranya kekurangan bahan bacaan dan pada saat pandemi kemarin GLS sempat terhenti karena pembelajaran dilaksanakan secara daring sehingga pada tahun 2021 saya dan tim mengembangkan aplikasi ini agar GLS dapat dilaksanakan di mana pun dan kapan pun,” kata Ida Putriani.

Aplikasi Si Cetar menyajikan sumber bacaan berupa cerita rakyat dan teks informasional berbasis kearifan lokal Blitar. “Aplikasi ini diharapkan mampu menambah variasi bahan bacaan serta memudahkan guru dalam melaksanakan GLS. Mengingat kemampuan literasi merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan saat ini,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Penerima Beasiswa Banyu Urip 2022 Dilatih Kepemimpinan dan Karir

INDONESIAONLINE – ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bermitra dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat…

Wali Murid SDN 1 Bungur Ceritakan Sosok Guru Terbaik di Sekolah: Tak Urus Soal Polemik Rebutan Kelas

INDONESIAONLINE – Seperti suasana sekolah lainnya, di SD Negeri Bungur 1, Kecamatan…