Rektor UIN Malang Sampaikan Pesan Penting Ini kepada Wisuda 800 Wisudawan Agar Mampu Hadapi Tantangan Zaman

INDONESIAONLINE – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang melaksanakan rapat senat terbuka Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana periode III, Sabtu (3/8/2022). 800 wisudawan dikukuhkan langsung oleh Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr Zainuddin MA.

800 wisudawan itu terjadi dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sejumlah 156 wisudawan, Fakultas Syariah 152 wisudawan, Fakultas Humaniora 75 wisudawan, Fakultas Psikologi 85 wisudawan, Fakultas Ekonomi 122 wisudawan, Fakultas Sains dan Teknologi 34 wisudawan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 16 wisudawan, dan Program Pascasarjana sebanyak 160 wisudawan.

Rektor UIN Maliki Malang, dalam sambutannya menyampaikan pesan dan motivasi membangun bagi para wisudawan. Menurutnya, pendidikan melahirkan ilmu, dan ilmu adalah investasi. Tidak hanya investasi dunia, namun juga investasi akhirat. Oleh sebab itu, dalam kesempatan yang baik ini, pihaknya mengingatkan kembali kepada para lulusan.

“Pesan Nabi, bahwa semua manusia jika telah meninggal dunia, terputuslah seluruh amalnya, kecuali tiga hal yaitu: shadaqah jariyah, anak soleh yang mendoakan orang tua, dan ilmu yang bermanfaat,” tuturnya.

Secara teleologis, ilmu tentang tujuan, bahwa pendidikan itu sesungguhnya adalah untuk memberikan ilmu yang bermanfaat kepada peserta didik; membentuk mereka menjadi anak yang soleh/solehah; dan membentuk sikap dermawan.

Sesuai dengan road map (mile stone), bahwa UIN Maliki Malang saat ini tahun 2021-2030, merupakan tahap international recognition and reputation. Maka, UIN Maliki Malang harus menyiapkan segala kelengkapannya baik yang menyangkut fisik maupun non-fisik untuk menjadi World Class University (WCU).

Untuk itu, seluruh aspek yang terkait dengan itu harus dipenuhi, termasuk kampusnya harus megah dan prestisius. Saat ini, UIN Maliki Malang telah mempersiapkan pembangunan kampus tiga yang ada di wilayah Batu, dengan desain Basmalah. Anggaran pembangunan mencapai Rp 1 triliun yang didanai oleh Saudi Fun Development (SFD).

3

“Mudah-mudahan dalam sebulan ke depan ini sudah bisa dimulai pembangunannya,” paparnya.

Selain itu, pengembangan pendidikan terus ditingkatkan. Saat ini, UIN Maliki Malang sedang menyiapkan pendirian program studi baru yaitu teknik sipil, mesin, elektro dan lingkungan.

Untuk Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), telah diusulkan PS Profesi Kedokteran dan Profesi Apoteker.

“Alhamdulillah untuk Profesi Apoteker kemaren baru saja divisitasi. Kami juga sedang menyiapkan pendirian Rumah Sehat Pendidikan (RSP) dan pengembangan kampus 4 di Turen dengan Program Studi Agro Kompleks dan Industri Halal. Kampus 4 di Turen ini atas hibah dari Bupati,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Penerima Beasiswa Banyu Urip 2022 Dilatih Kepemimpinan dan Karir

INDONESIAONLINE – ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bermitra dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat…

Wali Murid SDN 1 Bungur Ceritakan Sosok Guru Terbaik di Sekolah: Tak Urus Soal Polemik Rebutan Kelas

INDONESIAONLINE – Seperti suasana sekolah lainnya, di SD Negeri Bungur 1, Kecamatan…