Sambut HUT Ke-61, UIN Malang Gelar Khitan Massal

INDONESIAONLINE – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang kini telah berusia 61 tahun. Di usia yang terbilang tak muda itu, UIN Maliki Malang terbukti telah menyumbangkan banyak kebaikan untuk Indonesia dalam berbagai bidang, utamanya pendidikan.

Tak berhenti disitu, kampus berlogokan Ulul Albab ini juga terus menancapkan semangat positifnya melalui kegiatan Khitan Massal, sebagai rangkaian Ulang Tahun (HUT) UIN Malang Ke-61 Tahun. Kegiatan ini menjadi sebuah kegiatan rutin setiap tahunnya. Dalam kesempatan kali ini, 9 peserta mengikuti khitan massal yang dilakukan di Klinik Ummi UIN Maliki Malang.

Christyaji Indradmojo Sp EM Koordinator Bidang Kesehatan UIN Maliki Malang menyampaikan, proses pelaksanaan Khitan Massal telah berlangsung beberapa waktu lalu. Dimulai dari tahapan persiapan dan hingga pelaksanaan khitan.

“Berlanjut tahap evaluasi atau pemeriksaan hasil khitan. Kita juga dibantu oleh mahasiswa dari kedokteran, semester 3, 5, 7 dan dokter muda dengan porsi atau bagiannya masing-masing,” paparnya Minggu (16/10/2022).

Meskipun melibatkan para mahasiswa kedokteran maupun dokter muda, namun untuk tindakan lebih lanjut tetap menjadi tanggung jawab dari dokter ahli. Hal ini tentunya untuk tetap mengedepankan keamanan pasien peserta Khitan.

Dari evaluasi kesehatan, beberapa pendaftar terpaksa tidak bisa dilakukan tindakan khitan. Sebab, terdapat dua peserta yang terkendala kesehatan.

“Kami memang benar-benar mengutamakan aspek keamanan pasien. Sehingga semua keperluan disiapkan secara terukur dan terstruktur,” ungkapnya.

Sementara itu, para mahasiswa kedokteran lebih banyak berperan pada home visit hingga evaluasi status kesehatan dan persiapan alat untuk khitan.

“Alhamdulilah, proses pelaksanaan berjalan dengan lancar dan ini semua tak lepas dari peran masing-masing panitia pelaksana bersama masyarakat sebagai pesertanya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Penerima Beasiswa Banyu Urip 2022 Dilatih Kepemimpinan dan Karir

INDONESIAONLINE – ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bermitra dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat…

Wali Murid SDN 1 Bungur Ceritakan Sosok Guru Terbaik di Sekolah: Tak Urus Soal Polemik Rebutan Kelas

INDONESIAONLINE – Seperti suasana sekolah lainnya, di SD Negeri Bungur 1, Kecamatan…