66 Anggota Panwascam Kabupaten Blitar Resmi Dilantik, Dituntut Pegang Teguh SIMP

INDONESIAONLINE-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar melantik 66 Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) yang bertugas di tahapan Pemilu Serentak 2024, Kamis (27/10/2024).

Pantauan INDONESIAONLINE, pelantikan yang dipusatkan di salah satu hotel di Kota Blitar ini dilakukan langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Abdul Halam Solahudin. Agenda ini dihadiri langsung Bupati Blitar Rini Syarifah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Camat se-Kabupaten Blitar.

Saat diwawancarai awak media, Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Abdul Hakam Sholahudin meminta kepada seluruh Panwascam yang dilantik agar menjalankan tugasnya dengan totalitas. Dirinya juga berpesan agar seluruh Panwascam berpegang teguh pada SIMP.

“Saya ucapkan selamat kepada 66 Panwascam yang baru dilantik. Dan ingat, dalam menjalankan tugas harus berpegang teguh pada Soliditas, Integritas, Mandiri, dan Profesionalisme (SIMP),” kata Hakam.

Hakam menambahkan, setelah resmi dilantik, Panwascam langsung mendapatkan pembekalan. Selanjutnya, mereka harus segera mengadakan pleno untuk memilih ketua dan divisi.

“Ada 3 divisi sesuai dengan peraturan Bawaslu tata kerja dan tata hubungan.  Ini yang harus segera dilakukan oleh Panwascam,” tegasnya.

Lebih dalam Hakam menyampaikan, pihaknya juga meminta 66 Panwascam segera berkordinasi dengan Camat di masing-masing wilayah. Koordinasi ini diperlukan untuk menentukan kantor kesekretariatan. Serta meminta PNS yang diperbantukan sebagai sekretaris dan bendahara.

“Mereka juga akan menjalankan tugas dan wewenang. Seperti melakukan pengawasan verifikasi keanggotaan parpol, dan pengawasan pemutakhiran data pemilih,” tukasnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan 66 Panwascam yang resmi dilantik hari ini merupakan bagian dari penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan. Dirinya meminta Panwascam agar bekerja secara profesional agar tahapan-tahapan Pemilu 2024 nantinya dapat berjalan dengan lancar.

“Saya ucapkan selama kepada Panwascam yang hari ini dilantik, selamat menjalankan tugas sesuai dengan kewenangan, dan kewajiban. Karena dalam menjalankan tugas harus berada pada koridor-koridor tugasnya,” kata Mak Rini.(Adv/Kmf)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Selesai Dibangun, Bupati Resmikan Gedung Utama Sarja Arya Racana dan Kantor Satreskrim Polres Tulungagung 

JATIMTIMES – Renovasi  Mapolres Tulungagung, yaitu gedung utama Sarja Arya Racana dan…

Ferdy Sambo Terlibat Dugaan Pembunuhan Berencana, Kapolri Bubarkan Satgassus Polri

INDONESIAONLINE – Bareskrim Polri telah menetapkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan…