Abu Vulkanik Terbawa Angin Kencang, Warga Berhamburan Panik

JATIMTIMES – Abu vulkanik kembali menerpa kaki Gunung Semeru. Tiga dusun yang berada di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang kembali terdampak.

Pantauan media ini sejak pukul 10.00 WIB, di Kecamatan Pronojiwo angin kencang menerpa, sehingga membawa abu vulkanik. Dari situ, warga yang masih trauma akan kejadian semalam berlarian untuk menyelamatkan diri.

Salah satu warga yang berhasil ditemui, Ahmad Yasin mengatakan bahwa semburan abu vulkanik kembali turun karena terbawa angin kencang. Oleh karena itu, ia bersama warga lain segera meninggalkan lokasi rumahnya untuk menyelamatkan diri.

“Lari semua mas, abu tebal datang. Kami khawatir keselamatan kami,” kata Yasin saat masih berada di atas sepeda motornya.

Yasin mengaku, warga sengaja lari karena memang abu vulkanik datang secara kencang. Bahkan karena erupsi, beberapa rumah warga ada yang roboh karena tak kuat menahan beban abu vulkanik.

“Parah memang mas, di sana banyak rumah warga terdampak. Bahkan ada yang sampai roboh,” ungkap Yasin dengan nafas terengah-engah.

Lebih lanjut, Yasin menjelaskan bahwa di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang terdapat tiga dusun yang terdampak parah akibat erupsi Gunung Semeru. Tiga di antaranya yakni Dusun Umbulan, Dusun Sumbersari dan Dusun Kamar A.

Berdasarkan pantauan media ini di lapangan, warga berhamburan untuk menyelamatkan diri dengan mengendarai kendaraan masing-masing. Beberapa di antaranya juga menyelamatkan hewan peliharaannya seperti sapi dan kambing.



Hendra Saputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Selesai Dibangun, Bupati Resmikan Gedung Utama Sarja Arya Racana dan Kantor Satreskrim Polres Tulungagung 

JATIMTIMES – Renovasi  Mapolres Tulungagung, yaitu gedung utama Sarja Arya Racana dan…

Ferdy Sambo Terlibat Dugaan Pembunuhan Berencana, Kapolri Bubarkan Satgassus Polri

INDONESIAONLINE – Bareskrim Polri telah menetapkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan…