Bersama Kapolres dan Dandim, Wabup Blitar Gerak Cepat Kunjungi Pengungsi Banjir Sutojayan

INDONESIAONLINE-Banjir dilaporkan kembali melanda Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut sejak Minggu 16 Oktober malam hingga Senin 17 Oktober 2022.

Informasi yang dihimpun INDONESIAONLINE, wilayah di Kecamatan Sutojayan yang terendam banjir diantaranya Kelurahan Sutojayan, Kelurahan Kalipang, Kelurahan Jenglong dan Desa Sumberejo.Di wilayah tersebut banjir merendam rumah warga dengan  ketinggian air bervariasi yakni  mencapai 50 sentimeter  hingga 1 meter.

Untuk memastikan keselamatan warga, petugas gabungan yang dikoordinasi BPBD Kabupaten Blitar dan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso bersama Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom dan Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Sapto Dwi Priyono gerak cepat menerjunkan personel dan melakukan evakuasi para korban.

Selain memimpin evakuasi, Wabup Rahmat bersama kapolres dan dandim juga mengunjungi pengungsi banjir di Kelurahan Sukorejo bersama Camat Sutojayan Heru Pujiono dan Lurah Sukorejo.

Saat dikonfirmasi awak media, Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso mengatakan, evakuasi diutamakan untuk Lansia, bayi dan ibu hamil.

“Tadi ada yang sakit (korban banjir) juga kita utamakan untuk segera dievakuasi ke tempat aman,” kata Rahmat Santoso saat berada di Kelurahan Sutojayan yang dijadikan posko pengungsian.

Rahmat menambahkan, untuk  kebutuhan para pengungsi pihaknya meminta kepala desa dan lurah segera berkoordinasi dengan dinas terkait.

“Kita koordinasi terus untuk mencukupi keperluan para pengungsi ini. Saya minta kepala desa,  lurah dan kepala dinas terkait  untuk terus update kebutuhan. Apa saja yang diperlukan pengungsi,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Ivong Betryanto mengatakan, wilayah yang terendam banjir di Kecamatan Sutojayan diantaranya Kelurahan Sutojayan, Kelurahan Kalipang, Kelurahan Jenglong dan Desa Sumberejo. Data terkini, di wilayah tersebut ketinggian air mencapai 50 sentimeter  hingga 1 meter.

“Di Kecamatan Sutojayan ini ada beberapa kelurahan yang terendam banjir. Diantaranya Kelurahan Sutojayan, Kelurahan Kalipang, Kelurahan  Jenglong dan Desa Sumberejo. Wilayah lainya hanya luapan jadi hanya dilewati,” kata Ivong, Senin (17/10/2022).

Ivong menambahkan, rata-rata kondisi rumah di wilayah yang banjit tersebut terendam air. BPBD pun bergerang turun ke lapangan dan mengungsikan warga ke tempat yang aman.

“Sampai saat ini total  ada  84 orang pengungsi yang kami evakuasi ke Kelurahan Sutojayan,” terangnya.

Lebih dalam Ivong menyampaikan, saat ini BPBD Kabupaten Blitar telah menurunkan sejumlah petugas siaga ke titik lokasi. Petugas juga  terus menyisir rumah warga untuk memastikan keselamatan warga Sutojayan yang terdampak bencana banjir.

“Kami sudah siapkan perahu karet dan peralatan lain untuk mengevakuasi warga,” pungkas Ivong.

Pantauan awak mediadi lokasi kejadian, sejumlah hewan ternak juga diungsikan oleh pemiliknya. Beberapa ruas jalan raya di Kecamatan Sutojayan juga terendam air sehingga tidak bisa dilalui kendaraan.(Adv/Kmf)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Selesai Dibangun, Bupati Resmikan Gedung Utama Sarja Arya Racana dan Kantor Satreskrim Polres Tulungagung 

JATIMTIMES – Renovasi  Mapolres Tulungagung, yaitu gedung utama Sarja Arya Racana dan…

Ferdy Sambo Terlibat Dugaan Pembunuhan Berencana, Kapolri Bubarkan Satgassus Polri

INDONESIAONLINE – Bareskrim Polri telah menetapkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan…