Cegah Penyebaran PMK, Koramil Sukorejo Kodim 0808/Blitar Terjunkan Babinsa Cek Hewan Ternak

INDONESIAONLINE – Koramil Tipe B 0808/01 Sukorejo Kodim 0808/Blitar menerjunkan Babinsa untuk mencegah terjadinya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah binaannya. Kali ini Babinsa Sukorejo Serma Hajib bersama Bhabinkamtibmas dan dinas terkait melaksanakan kegiatan pemantauan dan pengecekan hewan ternak milik warga masyarakat, di Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar.

 

Dalam kesempatan ini Serma Hajib menyampaikan beberapa himbauan kepada masyarakat terkait pada hewan ternak yang tengah melanda seluruh penjuru wilayah di Indonesia. Salah satunya pihaknya mengimbau kepada warga masyarakat yang memiliki hewan ternak khususnya sapi, agar selalu memperhatikan kebersihan hewan dan kandangnya.

“PMK bisa dicegah, salah satunya dengan menjaga kebersihan kandang,” kata Hajib, Kamis (28/7/2022).

Senada dengan Babinsa, Danramil Tipe B 0808/01 Sukorejo Kodim 0808/Blitar Kapten Kav Eko Wahyudiono, saat ditemui berharap kepada para peternak agar senantiasa menjaga kebersihan kandang miliknya.

“Dengan selalu memperhatikan sekelilingnya, baik lingkungan kandang serta saluran pembuangan kotoran dan sisa makanan, hal ini sekaligus sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyebaran PMK yang lagi mewabah pada saat ini,” imbuh Eko.

Kapten Kav Eko menambahkan, apabila ada hewan ternak yang kelihatan sakit pihaknya menghimbau warga agar segera memisahkannya dari hewan ternak yang lain atau dikarantina dulu. Sehingga tidak menular ke hewan ternak yang lainnya.

“Dan segera dilaporkan ke dinas terkait, dengan harapan agar segera dapat ditangani dan tidak berakibat fatal,” pungkasnya

You May Also Like

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…