Kelenteng Kwam Im Tong Kota Batu Batasi Umat yang Sembahyang Imlek

Beberapa orang saat membersihkan patung di Kelenteng Kwam Im Tong. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES – Perayaan Imlek tahun 2022 pada Selasa (1/2/2022) besok di Kota Batu tampaknya akan berlangsung biasa-biasa saja. Pasalnya, pihak kelenteng membatasi jumlah umat yang melalukan sembahyang Imlek.

Pengurus Kelenteng Kwam Im Tong Handy Wijaya mengatakan, prosesi sembahyang Imlek akan dibatasi. Bahkan perayaan Imlek hanya dilaksanakqn secara sederhana.

Padahal sebelum ada pandemi vovid-19, perayaan Imlek dilakukan dengan menggelar upacara sembahyang dengan sejumlah prosesi. Antara lain pelepasan burung dan ikan.

“Tapi untuk tahun ini masih dibatasi seperti tahun sebelumnya. Tapi kami tetap melakukan bersih-bersih rupang, altar dan patung-patung dewa,” ucao Handy.

Besok, selain jumlahnya  dibatasi, usai sembahyang, mereka langsung pulang. “Jadi, terbatas per keluarga gitu. Tidak boleh ada acara kumpul-kumpul,” tambah Handy.

Hal tersebut dilakukan demi mencegah adanya kerumunan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19. “Kami berupaya supaya tidak ada kerumunan,” terang Handy.

Pada tahun Macan Air ini, Kelenteng  Kwam Im Tong mewakili umat Konghucu berharap pandemi covid-19 segera berakhir. ”Semoga pandemi covid-19 berakhir. Kehidupan dan perekonomian bisa bangkit kembali,” ucap Handy.



Irsya Richa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…