Kota Batu Jadi Tuan Rumah Rapat Dewan Pengurus Apeksi, Soroti 4 Isu Strategis, Juga Pemulihan Ekonomi

JATIMTIMES – Kota Batu menjadi tempat Rapat Dewan Pengurus (RDP) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). Dalam rapat itu dilakukan pembahasan sejumpah isu strategis di Rupamata, Balai Kota Among Tani, Kamis (27/1/2022).

Rapat Dewan Pengurus dilaksanakan dengan agenda melakukan evaluasi, penyusunan program kerja dan kegiatan tahun 2022. Sekaligus dilakukan untuk mempersiapkan pelaksanaan Rakernas XV APEKSI mendatang.

Juga dibahas beberapa permasalahan yang tengah terjadi saat ini. Seperti penanganan pendemi hingga upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Dalam rapat tersebut diikuti oleh sekitar 18 Wali Kota atau kepala daerah di Indonesia.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya Sugiarto, menyoroti isu-isu strategis seperti implementasi  Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), Sistem Online Single Submission (OSS), Task Force, dan Gugus Tugas. Bima juga membahas tentang kalender kegiatan APEKSI tahun 2022, seperti HUT APEKSI dan APEKSI OUTLOOK serta Rakernas XV APEKSI.

Rakernas XV APEKSI rencananya akan diselenggarakan di Padang pada 7-10 Agustus 2022 mendatang. bertepatan dengan Hari Jadi Kota Padang ke-353 Tahun. Tema Besar yang diusulkan dalam Rakernas XV Padang adalah “Sinergi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi”.

“Terobosan baru dalam acara APEKSI adalah Festival Komunitas Kreatif Kota untuk mengumpulkan ide muda-mudi kreatif di tiap kota, untuk berkolaborasi dengan pemerintah kota terkait pembangunan kota,” ujar Bima.

Sementara itu Kegiatan Rapat Dewan Pengurus dihadiri oleh M. Bobby Afif Nasution, S.E., M.M., Ketua Komisariat Wilayah I (Wali Kota Medan), Drs. H. SN. Prana Putra Sohe, M.M., Ketua Komisariat Wilayah II (Walikota Lubuklinggau), H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M., Ketua Komisariat Wilayah III (Wali Kota Tegal).

Lalu Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, S.E., M.M., Ketua Komisariat Wilayah IV (Wali Kota Kupang),  dr. H. Khairul, M.Kes., Ketua Komisariat Wilayah V (Wali Kota Tarakan) dan Capt. H. Ali Ibrahim, M.H. Ketua Komisariat Wilayah VI (Wali Kota Tidore), dan sebagainya.



Irsya Richa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…