Pelatihan dan Simulasi Pemadaman Kebakaran di Puskesmas Bendilwungu, Ini Tujuannya

INDONESIAONLINE – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol, kedatangan tim dari Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Tulungagung. Para pegawai Puskesmas Bendilwungu ini diberikan bekal informasi dan simulasi padamkan kebakaran secara sederhana, Kamis (04/8/2022).

Materi pelatihan antara lain, pengenalan terhadap apar, jenis apar, cara menggunakan apar, dan praktek langsung satu persatu para peserta ini cara memadamkan api.

“Hari ini adalah kegiatan pelatihan pencegahan dan penanggulangan kebakaran di UPT Puskesmas Bendiwungu,” kata kepala Puskesmas, Sigit Jaka Purnama.

Kegiatan ini menurut Sigit, diikuti oleh kepala dan seluruh karyawan Puskesmas Bendilwungu beserta lintas sektor di Kecamatan Sumbergempol.

“Kebakaran bisa terjadi dimanapun, kapanpun dan pada siapapun,” ujarnya.

Pencegahan kebakaran merupakan langkah yang paling efektif dan efisien karena dilakukan sebelum kehadiran api, sehingga kerugian harta benda dan jiwa bisa dihindari.

“Tetapi apabila ┬ákebakaran sudah terjadi maka penanganan yang tepat dan cepat harus segera dilakukan. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Damkar Satpol PP Kabupaten Tulungagung, Gatot Sunu Utomo membenarkan kegiatan pelatihan dan simulasi yang dilaksanakan di Puskesmas Desa Bendilwungu merupakan langkah antisipasi yang perlu dilakukan untuk setiap instansi.

“Meskipun misalnya di kantor, di pabrik atau di tempat yang rawan terjadi kebakaran sudah ada Apar, belum tentu disana bisa menggunakannya. Untuk itu, perlu dilakukan pelatihan dan simulasi agar dapat mencegah terjadinya kebakaran,” kata Gatot.

Untuk kegiatan di Puskesmas Bendilwungu, pihak Damkar memberikan pelatihan atas permohonan dari kepala Puskesmas.

“Pelatihan itu juga menjadi syarat untuk akreditasi, jadi kita memberikan pelatihan pada semua petugas disana agar memahami cara dan tindakan apa yang harus dilakukan sebelum terjadi kebakaran yang lebih besar,” pungkasnya.

You May Also Like

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…