Pemilihan Ketua RW di Lumajang, Dilaksanakan Seperti Pilkades

JATIMTIMES – Sebuah pembelajaran demokrasi tingkat bawah ditunjukkan warga RW 01 Kelurahan Ditotrunan Lumajang. Walau hanya pemilihan ketua RW namun mereka melaksanakannya layaknya Pemilu Presiden pada umumnya. 

Dibawah tenda pesta dengan ukuran 6 x 24 meter, pemilihan ketua RW tersebut dilakukan dengan coblosan langsung. Kertas suara berisi nomor urut calon dan foto kontestan didesain layaknya kertas suara pemilu. Sementara 4 orang calon ketua RW tamnpak duduk di singgasana diatas pentas yang disediakan panitia.

“Saya baru kali ini melihat pemilihan ketua RW semewah ini,” ujar Kepala Kelurahan Ditotrunan Lumajang, Mochammad Lutfi saat memberi sambutan. Namun demikian Lutfi mengaku bukan mewahnya yang menjadi  titik berat, namun proses demokrasi yang dijalani warga RW 01 patut diapresiasi.

“Kami memang melakukan semua pentahapan seperti pemilu legislativ, mulai dari penjaringan, sosialisasi calon serta visi misinya, penentuan nomor urut hingga pada pelaksanaan pencoblosan saat ini,” ujar  Thomas Jati Nugroho, Seksi Sosialisasi dalam kepanitian tersebut.

Terkait dengan anggaran kegiatan yang keluarkan untuk kegiatan tersbebut, Teguh Ekaja selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa semua itu ditanggung oleh seorang tokoh masyarakat yang bernama Chadalil.

“Sayangnya beliau saat ini tidak bisa berkumpul disini, beliau saat ini sedang sakit,” ungkap Teguh.

Proses pemilihan Ketua RW 01 Kelurahan Ditotrunan cukup meriah dengan antusiasme warga yang cukup tinggi, terbukti dari  jumlah hak pilih 621 orang, yang  hadir 453 orang.

“Sebenarnya yang hadir bisa lebih dari itu, namun mereka banyak yang terlambat dari jadwal yang ditentukan sehingga ditolak oleh panitia,” ujarnya.

Uniknya dalam proses pemilihan ketua RW tersebut, setiap warga yang selesai nyoblos langsung diberi bingkisan sekotak makanan. 

“Kami sudah gelar kegiatan serupa selama 3 kali pemilihan, biasanya setelah mencoblos, warga langsung masuk ruangan untuk mencicipi makanan prasmanan, namun karena situasi pandemi maka kami kemas dalam kotak sehingga mengurangi kerumunan warga,”  timpal Muhammad Jaeni selaku sekretaris panitia.

Acara pemilihan ini diakhiri dengan penghitungan suara dan penetapan ketua RW terpilih. Kali ini yang mendapat suara terbanyak adalah satu-satunya calon perempuan dengan nomor urut 4 yang bernama Nurul Lutfiati dengan perolehan 183 suara, disusul calon nomor urut 2 yang bernama Imam Khambali dengan perolehan 127 suara,  kemudian Yudi Eko Haryanto  calon nomor urut 3 dengan perolehan 88 suara dan calon nomor urut 01 Rilanto Yudho Siswoyo dengan jumlah suara 53.  

“Keempat orang ini yang nantinya membuat formatur kepengurusan RW dipimpin ketua RW terpilih, selanjutnya nanti akan dibuatkan SK oleh Lurah Ditotrunan,” pungkasnya.



Teguh Eko Januari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…