Proyek Rehab Rp 200 Juta di SMKN 1 Kasreman Kabupaten Ngawi Janggal, Ini Alasannya

INDONESIAONLINE – Proyek rehabilitasi sejumlah ruangan di SMK Negeri 1 Kasreman senilai Rp 200 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2021 dinilai janggal. Pengerjaan proyek rehabilitasi sendiri dilaksanakan oleh CV Asia Line yang berkantor di Kabupaten Pamekasan, Madura, bukan dari kontraktor lokal Ngawi. 

Pasalnya, anggaran dana sebesar itu terinformasi untuk mengganti atap, lantai keramik beserta rangka bangunan untuk tiga ruang. Yakni ruang tata usaha, perpustakaan dan ruang organisasi sekolah (PMR, UKS dan OSIS). 

Namun, kondisinya pengerjaan proyek terkesan hanya tambal sulam. Itu terbukti dengan kondisi genteng lama untuk atap bangunan kembali dipasang dan hanya dicat ulang. Kondisi bangunan yang baru rehab belum setahun itu, sudah terjadi rembesan air di sejumlah plafon jika terjadi hujan, terlebih jika hujan deras atap bangunan banyak bocor. 

“Yang agak kecewa, genting lama dicat ulang dan dipasang kembali. Pekerja untuk pasang plafon, rangka atap gedung dan genting selalu berbeda atau gonta ganti,” terang Widodo Wakil Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kasreman Bidang Sarana dan Prasarana. 

Bahkan, konstruksi atap bangunan masih menggunakan kayu bekas konstruksi lama yang rawan lapuk. Selain itu kontraktor hanya mengganti lantai keramik yang pecah dan tidak mengganti keseluruhan. 

Kepada Jatim Times, Widodo mengakui jika kondisi bangunan hasil rehabilitasi yang berasal Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur tidak memenuhi standar. Hanya saja, pihak sekolah hanya menerima hasil pengerjaan proyek rehabilitasi bangunan ruang sekolah.  

“Kontraktor datang, pihak sekolah hanya menunjukkan kerusakan yang ada. Tiba-tiba datang pekerja dan melakukan perbaikan. Hasil pengerjaan terkesan asal jadi,” keluhnya. 

Selain itu, selama kontraktor melakukan pekerjaan, pihak sekolah tidak pernah tahu rencana anggaran belanja (RAB) proyek rehabilitasi gedung sekolah.

You May Also Like

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…