Ritual Usir Roh Jahat, Sesepuh Gunakan Cangkul yang Dipukul

JATIMTIMES – Warga desa di Kabupaten Blitar menggelar ritual mengusir roh jahat. Ritual ini digelar karena belakangan muncul roh jahat yang mengusik ketenangan warga. Ritual mengusir roh jahat ini digelar oleh warga Dusun Tapan, Desa Bakung, Kecamatan Udanawu pada Selasa (11/1/2022).

Ritual tersebut dipimpin oleh seorang  sesepuh desa. Diharapkan digelarnya ritual ini dapat memberikan ketenangan dan ketentraman di mana roh jahat tidak lagi mengusik ketenangan warga desa.

Tokoh pemuda Dusun Tapan, Anang mengatakan, ritual ini digelar karena warga merasa  kesulitan  melakukan penebangan pohon di lokasi yang akan di bangun sebuah padepokan. Saat akan melakukan penebangan, mesin gergaji yang digunakan tidak mempan dan sering mati.

“Saat akan melakukan penebangan ada saja gangguannya. Yang selalu terjadi adalah gergaji tidak mempan dan sering mati. Kami berharap dengan ritual ini pembangunan padepokan akan berjalan lancar,” kata Anang.

Upaya mengusir roh jahat dipimpin oleh seorang sesepuh. Sesepuh itu tak lain adalah Abah Imam Sobiri yang merupakan sesepuh pencak silat dari Kabupaten Blitar. Dalam mengusir roh jahat, Abah Imam Sobiri melakukan ritual pukul cangkul. Selain mahir beladiri, Abah Imam Sobiri dikenal memiliki karomah mengusir setan dan roh halus yang jahat.

“Dengan ritual pukul cangkul ini, semua roh jahat akan pergi dan tidak akan lagi menganggu masyarakat atau pekerja,” ungkap Abah Imam Sobiri.

Menurut Abah Imam Sobiri, ritual semacam ini biasa dilakukan warga Desa Bakung di tempat yang angker dan dihuni makhluk halus yang jahat. Rencananya, di tempat yang ditebangi pohon saat ini akan didirikan bangunan padepokan Jodhi Pati.

“Tempat yang akan didirikan bangunan ini dikenal sangat angker. Tempat ini banyak pohon-pohon besar yang dihuni rok jahat,” imbuhnya.

Lebih dalam Abah Imam Sobiri menyampaikan, dengan berdirinya padepokan Jodhi Pati diharapkan akan dapat memberikan kegiatan positif kepada para pemuda yang gemar dengan olah raga tinju, Muay Thai dan silat. Padepokan ini akan membina pemuda untuk mencetak prestasi dan melahirkan atlet profesional di bidang olahraga tinju dan Muay Thai.

“Dengan berdirinya padepokan Jodhi Pati ini diharapkan bisa menampung anak anak muda yang gemar menggeluti bidang olah raga terutama tinju, Muay Thai dan silat. Mereka akan dilatih menjadi atlit profesional  dan berakhlak mulia,” pungkasnya.

(aun/pit)

You May Also Like

Selesai Dibangun, Bupati Resmikan Gedung Utama Sarja Arya Racana dan Kantor Satreskrim Polres Tulungagung 

JATIMTIMES – Renovasi  Mapolres Tulungagung, yaitu gedung utama Sarja Arya Racana dan…

Ferdy Sambo Terlibat Dugaan Pembunuhan Berencana, Kapolri Bubarkan Satgassus Polri

INDONESIAONLINE – Bareskrim Polri telah menetapkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan…