Upacara Peringatan Hari Santri Nasional, Bupati Blitar Ajak Santri Membangun Bangsa

INDONESIAONLINE-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022. Kegiatan tersebut dipusatkan di Alun-alun Kabupaten Blitar di Kanigoro, Sabtu (22/10/2022). Bupati Blitar Rini Syarifah dalam agenda ini bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Hari Santri Nasional Tahun 2022 mengusung tema ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’. Upacara yang diselenggarakan kali ini dihadiri Sekda Kabupaten Blitar Izul Marom, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Asisten Sekretariat Daerah dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Blitar. Sejumlah santri di Kabupaten Blitar ikut serta dalam agenda ini sebagai peserta upacara.

Bupati Blitar Rini Syarifah dalam kesempatn ini menyampaikan, kegiatan upacara Hari Santri Nasional ini dilaksanakan serentak se- Kabupaten Blitar. Meski pusat upacara Hari Santri se- Kabupaten Blitar berada di Alun-alun Kanigoro, Mak Rini menyebut masing-masing kecamatan juga melaksanakan upacara Hari Santri.

“Harapannya kami ingin santri-santri kita kedepan untuk menjadi sosiopreneur, santripreneur, untuk sareng-sareng (bersama-sama) membangun bangsa. Kita membutuhkan anak-anak muda, maka anak-anak muda ini harus peka teknologi, harus bisa digitalisasi. Mulai dari akademisi, anak-anak sekolah, SD, SMP, nah itu semuanya santri-santri kita. Semua harus saling bersinergi, bagaimana inovasi, kreasi ini terus gencarkan dan semangati mereka,” Kata Mak Rini.

Mak Rini menambahkan, di era revolusi industri 4.0 ini santri dituntut bukan hanya dituntut ilmu agama, namun juga harus menguasai ilmu pengetahuan teknologi sebagai bekal dan modal untuk ikut membangun bangsa dan negara.

“Tantangan yang dihadapi oleh para santri sekarang di era globalisasi adalah keterbukaan informasi dan pesatnya kemajuan teknologi. Sesuai tema, semoga santri bisa ikut serta membangun Kabupaten Blitar menuju Maju Bersama Sejahtera Bersama,” kata Mak Rini.

Dalam kesempatan tersebut, Mak Rini meminta kepada seluruh santri yang ada di Kabupaten Blitar untuk meningkatkan komitmen kebangsaan yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati.

“Santri hebat harus membawa energy positif untuk mendorong Indonesia maju. Semoga momentum ini menjadi spirit bagi santri untuk mendarmabaktikan hidupnya bagi NKRI,” tegas orang nomor satu di Kabupaten Blitar.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, M Rifai atas nama jajaran DPRD Kabupaten Blitar mengucapkan selamat hari santri kepada seluruh santri yang ada di Indonesia khususnya Kabupaten Blitar.

“Pesan kami kepada para santri, santri milenial harus mempunyai totalitas dan loyalitas kepada NKRI. Santri adalah bagian dari NKRI, Jangan sampai santri binaan NU, punya pemikiran yang salah tentang negara Indonesia. Ayo bersama kita bangun Indonesia, bangun Kabupaten Blitar sesuai dengan tema Hari Santri Nasional tahun ini Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan,”pungkasnya.(Adv/Kmf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Selesai Dibangun, Bupati Resmikan Gedung Utama Sarja Arya Racana dan Kantor Satreskrim Polres Tulungagung 

JATIMTIMES – Renovasi  Mapolres Tulungagung, yaitu gedung utama Sarja Arya Racana dan…

Ferdy Sambo Terlibat Dugaan Pembunuhan Berencana, Kapolri Bubarkan Satgassus Polri

INDONESIAONLINE – Bareskrim Polri telah menetapkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan…