Wakil Bupati Trenggalek Gantikan Bupati Jadi Kakwarcab Pramuka

JATIMTIMES – Kepengurusan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Trenggalek kembali bergulir. Jika sebelumnya Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Trenggalek dipimpin oleh Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, kali ini Kakwarcab digantikan oleh Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhammad Natanegara

Sedangkan dalam kepengurusan sekarang Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab). Sedangkan untuk posisi ketua harian Kwarcab Trenggalek, masih dijabat oleh Machsun Ismail yang kiprahnya dalam kepanduan tidak perlu diragukan lagi.

“Gerbong kepengurusan Gerakan Pramuka di Trenggalek bergulir. Kepengurusan baru Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Trenggalek ini dilantik langsung oleh Kakwarda Jawa Timur, Arum Sabil di Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek,” beber Mochamad Nur Arifin, Rabu (16/1/2022). 

Pasca menjabat sebagai Kamabicab Gerakan Pramuka Trenggalek, Arifin menitipkan gerakan pramuka di Trenggalek kepada kepengurusan baru Kwarcab Trenggalek. Pihaknya berharap Pramuka bisa menjadi tonggak gerakan kepanduan di Kabupaten Trenggalek. 

“Tidak ada yang bisa menghentikan Gerakan Pramuka, bahkan pandemi sekalipun tidak bisa menghentikan gerakan ini. Saya berharap melalui gerakan pramuka bisa membawa perubahan yang lebih baik di tahun mendatang,” ucapnya usai dilantik sebagai Kamabicab.

Mochamad Nur Arifin mengibaratkan gerakan pramuka hampir mirip dengan wajib militer yang ada di luar negeri. Menurutnya gerakan pramuka sudah menanamkan jiwa-jiwa wajib militer yang sangat luar biasa. 

“Tanpa SK tanpa berharap imbalan, Pramuka hadir dalam setiap kesempatan. Bahkan dalam setiap perannya, anggota Pramuka tidak menanyakan honor dan yang lainnya, namun yang ditanyakan justru kami bisa bantu apa,” celetuk Bupati Trenggalek.

Sementara itu Kakwarda Jawa Timur, Arum Sabil dalam kesepatan ini berharap , Gerakan Pramuka yang bertujuan mulia harus dikembangkan lebih baik. Kakwarda ini percaya akan kiprah Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek bisa membawa Gerakan Pramuka di Trenggalek lebih baik.

“Saya berharap kepengurus baru Kwarcab ini bisa membawa anggota gerakan pramuka kepada usaha-usaha ketahanan pangan baik di sektor pertanian, peternakan maupun agropolitan,” pungkas Kakwarda Jawa Timur usai lantik kepengurusan baru di Trenggalek.



Ganez Radisa Yuniansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…