Dua Parpol Baru Bakal Daftar di Hari Pertama Peserta Pemilu 2024 Kota Batu

INDONESIAONLINE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah resmi mengumumkan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 bakal dimulai pada 1 Agustus 2022. Di Kota Batu tercatat ada 20 partai politik (parpol).

Melihat pada pemilu tahun 2019 silam, ada 16 parpol yang yang menjadi peserta. Dengan demikian ada 4 parpol baru yang bakal mewarnai pemilu mendatang.

Parpol pendatang itu adalah Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Ummat (PU), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan Partai Rakyat Adil Makmur (Prima). Pendaftaran parpol calon peserta pemilu dimulai 1-14 Agustus mendatang.

Ketua KPU Kota Batu, Mardiono mengatakan, pada pendaftaran nanti yang melakukan adalah pengurus parpol ke KPU RI. Setelah mendaftar, KPU RI menetapkan parpol yang akan menjadi peserta Pemilu 2024.

Setelah itu mekanisme pendaftaran, verifikasi dan penetapan tersebut disampaikan KPU Batu ke pengurus parpol-parpol. “Nanti KPU Kota Batu hanya bertugas memverifikasi berkas-berkas parpol yang ada di Kota Batu melalui sipol,” ucap Mardiono.

KPU Kota Batu nanti hanya sebatas mengecek atau mencocokkan data. “Kalau sesuai nanti kami tinggal beri tanda centang,” imbuh Mardiono.

Untuk parpol yang lolos ambang batas parlemen pada Pemilu 2019 lalu, hanya dilakukan verifikasi administrasi. Berbeda dengan partai pendatang baru maupun partai yang tidak lolos ambang batas parlemen wajib mengikuti verifikasi administrasi dan faktual.

Sedang pada pendaftaran hari pertama, Senin 1 Agustus 2022 rencananya akan ada 8 parpol yang akan mendaftar. Berikut delapan partai politik yang akan mendaftar di hari pertama pada 1 Agustus 2022:

1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) 1 Agustus, pukul 08.00 WIB

2. Partai Keadilan dan Persatuan 1 Agustus, pukul 08.00 WIB

3. Partai Reformasi 1 Agustus, pukul 08.00 WIB

4. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 1 Agustus, pukul 08.30 WIB

5. Partai Nasional Demokrat (Nasdem) 1 Agustus, pukul 10.00 WIB

6. Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) 1 Agustus, pukul 10.00 WIB

7. Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 1 Agustus, pukul 10.00 WIB

8. Partai Gelora 1 Agustus, pukul 11.00 WIB

You May Also Like

Survei DSI: Elektabilitas Airlangga Teratas Ungguli Jenderal Andika dan Dudung, Dinilai Paling Berintegritas

INDONESIAONLINE – Hasil survei lembaga Dinamika Survei Indonesia (DSI) menyebut bahwa Menteri…

Buka Pendaftaran Bacaleg, PKB Kota Blitar Targetkan 7 Kursi di Pileg 2024

INDONESIAONLINE-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Blitar gerak cepat…