Golkar Calonkan Airlangga Hartarto Jadi Capres, PAN: Semua Ketum di KIB Punya Peluang Sama

INDONESIAONLINE – Partai Golkar akan mengusung Airlangga Hartarto sebagai capres 2024. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo atau yang akrab disapa Bamsoet.

Sementara itu, PAN yang tergabung pada Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar dan PPP menyebut semua ketua umum partai di KIB masih memiliki peluang yang sama sebagai capres.

“Di KIB, semua ketua umumnya memiliki hak dan peluang yang sama untuk dicalonkan di Pilpres 2024. Di PAN Bang Zulkifli Hasan, Golkar ada Pak Airlangga Hartarto, dan di PPP ada Bang Suharso Monoarfa,” kata Waketum PAN Viva Yoga Mauladi dikutip detiknews.

Menurut Viva, KIB masih akan menilai bagaimana dinamika politik jelang Pemilu 2024. Dan sosok di internal KIB masih menjadi prioritas untuk diusung.

“KIB lebih memprioritaskan mencalonkan kader internal sendiri. Meskipun begitu, KIB juga memonitor figur di luar KIB,” ujar Viva.

Nantinya dikatakan Viva, keputusan capres dari KIB akan dibahas bersama. Bahkan ia mengaku nantinya sosok capres tersebut bukan menjadi masalah besar untuk KIB.

“Nanti bila pada waktunya akan ditentukan siapa yang akan dicalonkan KIB. Keputusan KIB nanti secara aklamasi, musyawarah mufakat, tidak voting. Pencalonan figur di pilpres tidak akan menjadi faktor pemecah-belah soliditas KIB,” beber Viva.

Sebelumnya, Bamsoet menyatakan Golkar sudah pasti akan mengusung ketua umumnya yakni Airlangga Hartarto sebagai capres.

“Kita sudah putuskan Partai Golkar capresnya adalah Airlangga Hartarto,” kata Bamsoet kepada wartawan di kompleks MPR/DPR, Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Bamsoet memastikan keputusan itu berdasarkan Rapimnas Partai Golkar. Menurutnya, itu sikap final Golkar. “Sesuai keputusan rapimnas, itu sudah final,” kata Bamsoet.

Disinggung bagaimana dengan KIB yang terlanjur sudah terbentuk? Bamsoet menyebut itu adalah tugas Airlangga Hartarto untuk mengkomunikasikan ke PAN dan PPP.

“Nah, itu tugas Ketua Umum yang komunikasikan dengan KIB,” tandas Bamsoet.

You May Also Like

Survei DSI: Elektabilitas Airlangga Teratas Ungguli Jenderal Andika dan Dudung, Dinilai Paling Berintegritas

INDONESIAONLINE – Hasil survei lembaga Dinamika Survei Indonesia (DSI) menyebut bahwa Menteri…

Dua Parpol Baru Bakal Daftar di Hari Pertama Peserta Pemilu 2024 Kota Batu

INDONESIAONLINE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah resmi mengumumkan pendaftaran partai…