JATIMTIMES – Pada awal tahun 2022, Nuris Fattahillah dan Rachma Fadhillah Amalia, Pasangan Jebeng Thulik 2020 asal Kabupaten Banyuwangi mampu memberikan hadiah bagi daerahnya tercinta dengan berhasil meraih Juara I Duta Lingkungan Indonesia Tahun 2021.

Dalam ajang pemilihan Duta Lingkungan Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Yayasan Sahabat Pemuda Prestasi Indonesia di  Yogyakarta selama 3 hari mulai 20-23 Januari 2022,  pasangan Nuris dan Rachma mewakili Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Duta Jatim dalam ajang tersebut harus bersaing  dengan 12 pasangan  peserta lain dari berbagai provinsi di Indonesia antara lain; Jawa Barat (Jabar), Provinsi Riau, Nusa tenggara Barat (NTB), Jawa Timur (Jatim ) serta tuan rumah DI Yogyakarta serta beberapa provinsi yang lain.

Dalam even tersebut, Nuris berhasil mendapatkan 4 (empat) gelar yaitu; Winner Duta Lingkungan Indonesia 2021, Best National Costume Duta Lingkungan Indonesia 2021, Best Talent Duta Lingkungan Indonesia 2021 dan Intelegensia Duta Lingkungan Indonesia 2021.

Baca Juga  DLH Tengarai Sampah Luar Kota Malang Masuk Supit Urang

Demikian juga dengan Rachma yang berhasil meraih 4 gelar; Winner Duta Lingkungan Indonesia 2021, Best Talent Duta Lingkungan Indonesia 2021, Persahabatan Duta Lingkungan Indonesia 2021dan Intelegensia Duta Lingkungan Indonesia 2021.

Dalam upaya mendapatkan anugerah Juara I Duta Lingkungan Indonesia, duta Jatim tersebut harus melalui tahapan dan menjalani proses yang tidak singkat serta membutuhkan waktu beberapa bulan untuk persiapan sampai dengan penilaian.

Sebelumnya Nuris dan Rachma mewakili Kabupaten Banyuwangi mengikuti dan menang dalam ajang pemilihan Duta Lingkungan di tingkat Jatim. Kemudian berlanjut dikirim dalam pemilihan Duta Lingkungan  Nasional.

Nuris merasa bangga dan bersyukur  mampu berprestasi  dan bisa membawa nama baik Banyuwangi dan Jawa Timur di tingkat nasional.

“Semoga bisa menjadi penyemangat untuk pemuda di Banyuwangi agar terus berkarya, berani mencoba hal baru dan dapat memberi yang terbaik untuk Banyuwangi tercinta,” ujar Nuris.

Baca Juga  Dibina DLH, 28 Sekolah Kota Malang Raih Penghargaan Adiwiyata

Hal yang sama dirasakan oleh Rachma yang mendapatkan kesempatan untuk belajar menjadi pribadi yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan memberikan sumbangsih bagi Kabupaten Banyuwangi dan Provinsi Jatim.

“Ke depan semoga semakin banyak orang Indonesia yang menjadi bagian dari lingkungan hidup. Sehingga dapat menciptakan Negara Indonesia yang berupaya mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan di bidang lingkungan. Keberhasilan kami mampu menginspirasi generasi muda lainnya untuk semangat berkarya dalam bidang yang diminati,” tambah Rachma.

Sekedar tambahan informasi, Rachma Fadhillah Amalia saat ini tercatat sebagai mahasiswi S1 Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember.

Sedangkan Nuris Fattahillah merupakan alumni FKIP Universitas Jember yang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan Strata ( S2)  Pendidikan Biologi di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.



Nurhadi Joyo