Peristiwa

Ribuan Pengunjung Serbu Pembukaan Pasar Rakyat Irian Jaya Night Situbondo

7
×

Ribuan Pengunjung Serbu Pembukaan Pasar Rakyat Irian Jaya Night Situbondo

Sebarkan artikel ini

INDONESIAONLINE – Ribuan pengunjung menyerbu pembukaan pasar rakyat Irian Jaya Night (IJN) Situbondo, Jumat (17/5/2024) malam, di Jalan Irian Jaya, Pasar Mimbaan Kabupaten Situbondo. Sebanyak 166 UMKM menjajakan dagangannya di lokasi tersebut.

IJN dilaksanakan setiap malam Sabtu dan merupakan kelanjutan dari festival Ramadhan yang diadakan setiap tahun. Ketua Paguyuban IJN Situbondo, Sasah Natasa, mengatakan bahwa pelaksanaan pasar rakyat ini adalah ide dari para pedagang yang tergabung dalam paguyuban festival Ramadhan.

“Mereka menginginkan digelar pasar rakyat serupa tanpa harus menunggu bulan puasa, sehingga kami berkomunikasi dengan Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Situbondo. Alhamdulillah, direspon dengan baik,” ungkapnya.

Sasah juga menjelaskan bahwa dari 260 UMKM yang tergabung dalam paguyuban IJN Situbondo, hanya 166 UMKM yang bisa diakomodir untuk berjualan karena keterbatasan tempat.

“Nama IJN Situbondo diambil karena lokasi pasar rakyat ada di jalan Irian Jaya. Selain itu, jika Ibu Kota Negara baru namanya IKN, Situbondo punya IJN. Namun karena keterbatasan tempat, tidak semua pedagang bisa diakomodir,” imbuhnya.

Baca  Tak Perlu Bingung, Ini Zonasi Pedagang di Pasar Relokasi Kota Batu

Pada malam pembukaan, panitia paguyuban IJN mencatat setidaknya ada 1275 orang yang datang dan bertransaksi di Pasar Rakyat Irian Jaya Night Situbondo. “Ribuan orang datang. Dari perhitungan kami di dua pintu masuk sampai pukul 21.00 WIB, ada sekitar 1275 orang yang datang ke IJN. Ini membuktikan bahwa masyarakat Situbondo sangat antusias,” jelas Sasah.

Sementara itu, Kepala Diskoperindag Kabupaten Situbondo, Edi Wiyono, menyampaikan bahwa dinas hanya memfasilitasi tempat, sedangkan konsep dan persiapan teknis dilakukan oleh paguyuban.

“Apresiasi saya untuk paguyuban IJN. Dalam waktu seminggu, mereka bisa merealisasikan ide ini. Semoga UMKM di Kabupaten Situbondo bisa meningkat, begitu juga perekonomiannya,” ujar Edi.

Edi juga menambahkan bahwa selama festival Ramadhan selama 25 hari, berhasil melakukan transaksi jual beli atau perputaran uang sejumlah 4,5 miliar rupiah.

“Oleh karena itu, Bupati Situbondo, Bapak Karna Suswandi, melalui Diskoperindag memberikan fasilitas untuk bisa digunakan para UMKM berjualan dan bertransaksi di IJN Situbondo. Terima kasih telah berkontribusi meningkatkan perekonomian Kabupaten Situbondo,” pungkasnya (wbs/dnv).